UNTUK INDONESIA

Total Kekayaan yang Dimiliki Komjen Listyo Sigit Prabowo

Komjen Listyo memiliki harta bergerak senilai Rp 975 juta, didapat dari lembaga LHKPN.
Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Tagar/IG)

Jakarta - Sebelumnya telah diinformasikan bahwa Komjen Listyo Sigit Prabowo, menjadi calon tunggal Kapolri. Dirinya akan menggantikan Jenderal Idham Azis, yang masa jabatannya akan usai dan pensiun.

Jabatan Komjen Listyo sebelumnya di bagian Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri. Namanya merupakan salah satu dari nama yang telah direkomendasikan oleh Kompolnas sebelumnya. Serta Puan Maharani selaku ketua DPR juga telah menerima Surat Presiden.

"Telah kami terima dari Bapak Presiden yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Puan, Rabu, 13 Januari 2021.

Berikut laporan kekayaan Komjen Listyo Sigit Prabowo, yang pada terakhir kali diperbaharui pada 11 Desember 2020.

Komjen Listyo Sigit Prabowo telah diinformasikan dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), memiliki jumlah kekayaan sebesar Rp 8.314.735.000.

Dari perincian kekayaan sebesar kurang lebih Rp 8 miliar tersebut, Komnjen Listyo diinformasikan hanya memiliki satu kendaraan bermotor. Yaitu mobil berjenis Fortuner produksi tahun 2018, mobil tersebut ditaksir senilai Rp 320 juta didapat dari hasil sendiri.

Kemudian dia juga memiliki harta bergerak senilai Rp 975 juta, didapat dari lembaga LHKPN. Komjen Listyo juga memiliki tanah dan bangunan senilai Rp 6.150.000.000, dan kas Rp 869.735.000.

Setelah pelaporan kekayaan, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III DPR. Kemudian Komjen melakukan uji fit and proper test, kemudian pengesahan paripurna DPR, dan diakhiri pelantikan Istana Presiden.

Mengenai hubungan antara calon Kapolri dengan Presiden, Tagar telah menerima informasi dari Ujang Komarudin selaku Direktur Eksekutif Indonesia Political Review. Bahwa keduanya memiliki kedekatan dan chemistry yang baik, juga Komjen Listyo pernah menjadi ajudan Presiden.

“Kalau kita melihat YouTubenya Pak Amin Rais. Bagaimana Pak Amin Rais beberapa waktu yang lalu membuat pernyataan di YouTubenya bahwa kemungkinan besar Kapolri itu akan dijawab oleh Pak Listyo Sigit Prabowo karena kedekatannya (dengan Jokowi). Yang dikatakan oleh Pak Amin Rais bisa saja itu mungkin," kata Ujang kepada Tagar TV, Senin, 11 Januari 2020. [] (Farras Prima Nugraha)

Baca juga:

Berita terkait
Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo Siap Jabat Kapolri
Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo dipilih Presiden Jokowi untuk menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Aziz yang masuk masa pensiun.
Jokowi Pilih Listyo Sigit, Stafsus Wapres: Prestasi Selama Ini Oke
Masduki Baidlowi menanggapi perihal dipilihnya Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo oleh Presiden Jokowi menjadi Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.
Perekat Nusa Dukung Keputusan Jokowi Pilih Listyo Sigit Jadi Kapolri
Theo Cosner Tambunan mendukung langkah Presiden Jokowi memberikan pilihan kepada Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo jadi Kapolri
0
Total Kekayaan yang Dimiliki Komjen Listyo Sigit Prabowo
Komjen Listyo memiliki harta bergerak senilai Rp 975 juta, didapat dari lembaga LHKPN.