Tokopedia Bantu UMKM di Indonesia Melalui Inisiatif Hyperlocal

Insiatif Hyperlocal Tokopedia, yang fokus mendukung para pegiat bisnis lokal di berbagai daerah di Indonesia
Host Tagar TV, Yossy Girsang dengan Ivander Wijaya (Sumber: youtube.com/TagarTV)

Jakarta – Tokopedia menggarap inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang telah diluncurkan dari pertengahan 2020 lalu. Sebagai bentuk komitmen dari perwujudan misi untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital di berbagai daerah di Indonesia.

“Insiatif lokal ini tujuan utamanya adalah go lokal ke berbagai daerah untuk menggerakkan perekonomian daerah, dengan seller seller lokal yang menjadi raja dan mendominasi daerahnya sendiri,” ungkap Regional Growth Expansion Senior Lead Tokopedia, Ivander Wijaya di Tagar TV, 15 November 2021.

Inisiatif Hyperlocal ini tercatat efektif dalam mendorong peningkatan transaksi di Tokopedia. Terbukti dengan 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia selama pandemi mengalami peningkatan volume penjualan yang rata-rata 133%. Dan juga selama pandemi 90% penjual di Tokopedia merupakan penjual di skala mikro sehingga benar-benar baru memulai.

slogan mulai aja duluTokopedia #MulaiAjaDulu (Sumber: youtube.com/Tokopedia)

Selain membantu penjual, inisiatif Hyperlocal juga mempermudahkan masyarakat secara umumnya, dengan teknologi geo-tagging, sehingga masyarakat mengakses produk kebutuhan sehari-hari mulai dari sembako hingga kebutuhan lainnya dari penjual terdekat, sehingga menjadi lebih efisien.

Tokopedia memberikan banyak kemudian bagi para penjual yang ingin bergabung, dan langkah bergabungnya sangat mudah untuk dicari. Tokopedia juga mempunyai pusat edukasi penjual Tokopedia, yang dirancang agar penjual mendapatkan banyak informasi terbaru seputar cara-cara berjualan di Tokopedia, fitur-fitur, hingga cara penggunaannya.

“76% dari data internal Tokopedia mengatakan, kemudahan mengelola bisnis menjadi alasan untuk bergabung di Tokopedia,” jelas Ivander.

Rata-rata pengeluaran konsumen di Tokopedia juga meningkat sebanyak 71% sebelum dan sesudah pandemi. Sehingga inisiatif Hyperlocal ini juga dinikmati oleh para penjual mauapun pembeli.

Ivander mengajak para penjual untuk mulai saja sedari sekarang, karena hampir tidak memiiki kesulitan untuk bergabung. Tokopedia juga menyediakan langkah-langkah untuk mempermudah para penjual mengembangkan bisnis. Jadi, sesuai dengan slogan Tokopedia #MulaiAjaDulu. []

- Joevita Aurora

Tokopedia Tingkatkan Omzet Wearing Klamby Hingga 30 Persen

Untuk UMKM, Tokopedia Wujudkan Pemerataan Ekonomi Digital

Tokopedia Jadi Mitra E-Commerce Resmi PON XX Papua 2021

Perjalanan dan Fakta Tentang Tokopedia

Berita terkait
Cara Agar UMKM Tetap Produktif di Masa Pandemi Covid-19
Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menyiasati penurunan dalam UMKM, yaitu dengan mengembangkan sosial media dan mendalami segalanya.
0
Tokopedia Bantu UMKM di Indonesia Melalui Inisiatif Hyperlocal
Insiatif Hyperlocal Tokopedia, yang fokus mendukung para pegiat bisnis lokal di berbagai daerah di Indonesia