Tips Untuk Para Pemula Bisnis Jasa

Bisnis ini mungkin membingungkan untuk pemula. Ini bisa jadi lebih mudah asalkan tahu strateginya.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Bisnis jasa adalah bisnis yang menawarkan produk berupa jasa. Pada dasarnya jasa sendiri memiliki beberapa pengertian. Menurut KBBI, jasa adalah perbuatan yang memberikan segala sesuatu yang diperlukan orang lain seperti layanan atau servis. Untuk para pemula bisnis ini mungkin bembingungkan, berikut beberapa tips bisnis untuk para pemula dalam bisnis jasa.


Tentukan jenis bisnis

Langkah pertama yang harus ditentukan adalah tentu saja menentukan jenis bisnis yang akan dijalani. Sebaiknya pilih yang sesuai dengan kemampuan dan passion kamu. Selain agar lebih mudah menjalaninya, kamu juga bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan. Apabila kamu tidak memiliki pengetahuan apa pun dalam bidang tersebut, tentu akan sulit bagi kamu membantu pelanggan mendapatkan yang diinginkan.



Harga kompetitif

Di awal-awal membangun usaha jasa, pertimbangkan soal harga. Nantinya, setelah bisnis jasa semakin berkembang, Anda bebas menyesuaikan harga dengan kualitas layanan. Menentukan harga pada produk jasa memang lebih tricky karena tidak ada biaya produksi yang pasti. Meskipun begitu, sebuah produk jasa harus tetap ditentukan dengan jelas agar bisnis kamu tidak mengalami kerugian.

Sebaiknya lakukan perbandingan harga dengan bisnis serupa. Selain itu, jangan lupa juga untuk menghitung semua biaya yang dikeluarkan dalam proses berjualan seperti biaya sewa tempat, biaya pekerja, biaya promosi, dan biaya lainnya.


Responsif dan ramah

Seringkali, bisnis jasa adalah bisnis yang membuat Anda berhubungan langsung dengan pelanggan. Maka itu, jika terdapat kendala atau komplain, segera tanggapi dengan ramah dan profesional.

Apa pun jenis bisnis kamu, layanan yang baik akan selalu menjadi salah satu daya tarik sebuah bisnis. Apalagi bisnis jasa yang memang fokusnya adalah pada layanan, jadi tentu kamu tidak bisa menyepelekan layanan terhadap pelanggan.

Bukan hanya ketika pelanggan menggunakan jasa kamu, tapi pada saat pelanggan baru bertanya tentang produkmu hingga pelanggan selesai menggunakan jasa, kamu tetap harus terus menjaga hubungan baik dengan pelanggan.


Pemasaran media sosial

Pemasaran adalah ujung tombak kesuksesan usaha jasa Anda. Selain memanfaatkan media sosial, Anda juga bisa menggunakan metode ‘mouth to mouth’ marketing. Secara otomatis, jika layanan jasa Anda unggul dibanding kompetitor, maka pelanggan juga akan merekomendasikan usaha jasa Anda ke teman, kerabat, atau rekan kerja mereka. Media sosial adalah salah satu sarana terbaik untuk mempromosikan sebuah produk, termasuk juga produk jasa.

Kebanyakan orang kini mencari yang dibutuhkan melalui internet, maka dari itu adanya media sosial akan bisa membuat toko kamu lebih mudah dicari dan dijangkau oleh siapa saja. []

(Anfasya Qurratul Aini)


Baca Juga


Berita terkait
Tips Sukses Ala Budi Hartono dalam Berbisnis
Tak ada kesuksesan tanpa ketekunan dan pengorbanan.
3 Tips untuk Memulai Bisnis Kuliner
Saat ini bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Sudah sewajarnya kalau ada banyak pemain di bisnis ini.
Ini Dia Rekomendasi Bisnis Jelang Perayaan Natal
Rekomendasi bisnis yang dapat Anda lakukan jelang perayaan Natal bisa dijadikan referensi untuk mendapatkan keuntungan.
0
Tips Untuk Para Pemula Bisnis Jasa
Bisnis ini mungkin membingungkan untuk pemula. Ini bisa jadi lebih mudah asalkan tahu strateginya.