Tips Sukses Ala Budi Hartono dalam Berbisnis

Tak ada kesuksesan tanpa ketekunan dan pengorbanan.
Budi Hartono. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Budi Hartono adalah kakak kandung Michael Hartono, Harta kekayaan masing-masing Hartono bersaudara itu senilai USD 20,5 miliar dan USD 19,7 miliar. Saudara-saudara Hartono memiliki saham di PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Namun, tentunya tidak mudah dan pasti membutuhkan proses dan perjuangan yang keras untuk bisa sampai ke titik kesuksesan tersebut. Salah satu hal penting yang harus Anda ketahui adalah ketekunan dan pengorbanan.

Karena biasanya, seseorang yang masih muda hanya memikirkan banyak kesenangan sementara, seperti bermain game, belum menentukan arah tujuan, dan menghabiskan uang. Jika terus seperti itu, yakinkah impian menjadi pengusaha muda bisa tercapai. 

Memang tidak mudah, apalagi melihat karakter anak muda yang masih cenderung labil. Tapi tenang, lakukan saja  bisnismu! karena saat ini sudah banyak pedoman untuk menjadi pengusaha muda yang sukses. Berikut langkah menjadi pengusaha muda yang sukses.


1. Terapkan sikap pantang menyerah

Menjadi wirausahawan muda tentu merupakan sesuatu yang tidak semua orang bisa raih, karena selain pandai mengelola usaha sejak muda, Anda juga berjasa mengurangi jumlah pengangguran dengan mengajak orang bekerja. Namun, dalam setiap perjalanan nyata, tidak ada yang selalu berjalan mulus. Anda akan menghadapi kegagalan demi kegagalan untuk memperkuat karakter Anda.


2. Menetapkan tujuan hidup

Meski terkadang kita hidup melenceng dari tujuan, tapi setidaknya kamu punya motivasi dan tujuan dalam hidupmu, jadi kamu bisa bergerak perlahan. Jangan hanya memikirkan kesenangan sesaat, yang membuat Anda tergoda dan malas. Namun pikirkan bagaimana proses indah menuju cita-cita sebagai wirausahawan muda. Karena memang, tujuan hidup ini bisa menjadi penentu Anda di masa depan.


3. Keluarlah dari zona nyamanmu

Keluar dari zona nyaman bukan berarti memaksa Anda keluar dari hal-hal yang membuat Anda bahagia. Tapi ini dimaksudkan untuk memajukan keterampilan dan pola pikir. Jangan selalu dimanja dan tergantung, jadi terimalah kritik yang membangun. Gunakan kritik tersebut untuk mengembangkan bisnis yang Anda mulai agar bisa sukses.


4. Mempelajari pengetahuan bisnis secara mendalam

Dalam memulai sebuah bisnis, pendalaman pengetahuan tentang bisnis yang akan dijalankan itu penting. Ini termasuk dalam trik memulai bisnis sukses yang sering diremehkan oleh banyak pengusaha muda, karena mereka beranggapan bahwa dalam menjalankan bisnis kita hanya bisa menggunakan perasaan atau perkiraan saat mengambil keputusan. []

(Vidiana Lihayati)


Baca Juga









Berita terkait
Harta Budi Hartono Turun Rp 70 Triliun Imbas Covid-19
Pengusaha terkaya Indonesia, Roberd Budi Hartono ikut merasakan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19, hartanya tergerus hingga triliunan rupiah.
Budi Hartono Tolak PSBB, Ekonom: Jangan Balik Logika
Peneliti Indef Bhima Yudhistira Adhinegara menilai ada yang salah dengan pandangan Bos Grup Djarum, Robert Budi Hartono soal PSBB.
Budi Hartono, Bos Grup Djarum yang Tolak PSBB Jakarta
Pengusaha terkaya Indonesia, pemilik Grup Djarum dan BCA keberatan dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di Jakrta.
0
Parlemen Eropa Kabulkan Status Kandidat Anggota UE kepada Ukraina
Dalam pemungutan suara Parlemen Eropa memberikan suara yang melimpah untuk mengabulkan status kandidat anggota Uni Eropa kepada Ukraina