UNTUK INDONESIA
Tips Terhindar dari Beli Mobil Bekas Terendam Banjir
Bagi Anda yang berminat untuk membeli mobil bekas, ada baiknya memperhatikan beberapa hal agar tidak membeli mobil bekas terendam banjir.
Sederet mobil terendam banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Rabu, 1 Januari 2020. Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta membuat sejumlah wilayah di Ibu Kota terendam banjir. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Jakarta - Bencana banjir yang melanda Jabodetabek pekan lalu membuat banyak rumah terendam, tidak terkecuali kendaraan juga ikut terendam bahkan hanyut terbawa arus banjir. Salah satunya adalah banyak mobil yang terendam dan mengalami kerusakan berat.

Tak jarang banyak pemilik mobil yang terdampak banjir lebih memilih menjual mobilnya ketimbang harus memperbaiki kerusakan mobil tersebut yang memakan biaya cukup besar.

Bagi Anda yang berminat untuk membeli mobil bekas, ada baiknya harus memperhatikan beberapa hal penting agar tidak membeli mobil bekas yang pernah terendam banjir.

Banjir JakartaMobil terendam banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Rabu, 1 Januari 2020. Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta membuat sejumlah wilayah di Ibu Kota terendam banjir. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Head of Inspector Carsome Indonesia, Ferry Ferdiansyah mengatakan harus memperhatikan bagian kabin, tepatnya pada bagian kolong pedal dan pilar-pilar bagian sabuk pengaman.

"Periksalah pada bagian tersebut, jika pada bagian rangka bawah mobil mengalami korosi atau berkarat maka dapat dipastikan mobil tersebut pernah kena banjir," ujar Ferry kepada Tagar, Senin, 6 Januari 2020.

Selain itu untuk memastikan kondisi mobil yang pernah terendam banjir, dapat diketahui dari kondisi bau dalam kabin.

"Apabila bau interior berbau apek, maka dapat dipastikan mobil pernah kena banjir. Faktor-faktor seperti itu akan membuat interior terlihat kurang fresh," ujar Ferry.

Serupa dengan pendapat Ferry, Dealer Technical Support Department  Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, mengatakan untuk memastikan mobil yang bekas terendam banjir bisa dilihat pada bagian-bagian yang tidak terlihat mata.

"Didalam kabin biasanya, besi-besi penyangah dashboard dan besi penyanggah kursi, biasanya timbul karat disitu. Untuk bagian yang terlihat mata biasanya sudah dilakukan overhaul, sehingga mampu menghilangkan bekas karat," kata Didi.

Membeli mobil bekas ibarat membeli kucing dalam karung, perlu perhatian khusus sebelum membawa pulang mobil bekas pilihan Anda. Banyaknya titik banjir di Jabodetabek akan membuat banyak mobil bekas terendam banjir dijual di pasaran. Oleh sebab itu, harus dipastikan Anda tidak membeli mobil bekas yang pernah terendam banjir. []

Berita terkait
1.500 Taksi Blue Bird Rusak Berat Terendam Banjir
Sebanyak 1.500 unit armada taksi Blue Bird yang terendam banjir mengalami rusak berat.
Puluhan Taksi Blue Bird Kramatjati Terendam Banjir
Pul Blue Bird di Kramatjari, Jakarta Timur, kebanjiran. Akibatnya, puluhan armada taksi terendam banjir, Rabu, 1 Desember 2019.
Blue Bird Tetap Layani Konsumen Meski Pul Kebanjiran
Pul Blue Bird mengalami kebanjiran akibat hujan deras yang mengguyur kota Jakarta sejak dini hari, Rabu, 1 Januari 2020.
0
Kejaksaan Dairi Musnahkan Narkotika dan Senjata Api
Kejari Dairi, Sumatera Utara, memusnahkan barang bukti dari 68 perkara yang sudah berkekuatan tetap.