UNTUK INDONESIA
Tips Merawat Wajah Saat Isolasi Corona di Rumah
Masyarakat yang menjalankan isolasi mandiri di rumah karena Corona, sebaiknya tetap menjaga kesehatan kulit wajah.
Ilustrasi perawatan kulit wajah sederhana di rumah. (Foto: beautisleep.com/Pinterest)

Jakarta - Tak sedikit masyarakat yang menjalankan isolasi mandiri di rumah lantaran virus Corona atau Covid-19 masih mewabah hingga ke penjuru dunia. Walau begitu perawatan kulit wajah harus tetap diperhatikan agar tetap sehat dan berseri. 

Berdiam diri di rumah selama pandemi Corona mampu menyebabkan efek buruk pada kulit. Hal itu disebabkan karena adanya perubahan pola makan, kurang berolahraga, dan stres.

Jadi, apapun kondisi yang sedang dihadapi sekarang ini, tetaplah memperhatikan kulit bila tak ingin mengalami jerawat, kulit kering, dan mengelupas akibat memiliki terlalu banyak waktu di dalam ruangan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Dilansir dari laman Phillyvoice, berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara merawat kulit sederhana selama di rumah.

1. Konsumsi Makanan Sehat

Mempertahankan diet seimbang menjadi salah satu cara efektif untuk membantu kulit terhindar dari risiko jerawat, komedo, dan sebagainya. Menghindari hal tersebut, sebaiknya cobalah memasak makanan di rumah dengan bahan alami, seperti sayuran hijau, kacang walnut, biji labu, blueberry, dan ikan berlemak, serta dianjurkan untuk menghindari susu.

2. Terhidrasi

Minum air putih dipercaya bisa membuat kulit lebih lembut, kenyal, serta mengurangi jerawat. World Health Organization (WHO) menyarankan untuk konsumsi air putih sebanyak delapan gelas untuk per harinya.

3. Kurangi Stres

Kondisi seperti sekarang ini, tak sedikit orang yang mengalami masalah kesehatan mental, seperti stres, panik, dan cemas. Kondisi ini bisa menyebabkan wajah timbul jerawat dan penuaan dini. Sehingga, disarankan menjaga kesehatan mental terlebih dahulu sebagai cara efektif untuk memulai praktik perawatan kulit.

4. Tetap Aktif

Meski pusat kebugaran banyak yang ditutup karena adanya wabah virus Covid-19, jangan pernah melewatkan latihan fisik untuk menjaga kesehatan kulit. Sebaiknya tetap aktif berolahraga meski di rumah agar aliran darah dan oksigen mengalir ke wajah. 

5. Hindari Alkohol

Konsumsi alkohol bisa membuat kulit menjadi rusak melalui jerawat dan memberikan efek penuaan jangka panjang. Sehingga, sebaiknya hindari alkohol atau mengurangi kadar mengonsumsinya.

6. Istirahat yang Cukup

Istirahat atau tidur yang cukup menjadi bagian penting dari perawatan kulit. Saat tidur, tubuh akan masuk ke mode regeneratif dan konstruktif untuk membangun kolagen.

Meski saat ini bekerja dari rumah, seseorang tetap harus memastikan untuk mendapatkan waktu istirahat guna kepentingan kulit. Tak sedikit sejumlah penelitian mengatakan orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam.

7. Hindari Menyentuh Wajah

Selama berada di rumah, sebagian orang mungkin tidak akan menggunakan makeup sebanyak saat harus keluar rumah. Hal ini bukan berarti diperbolehkan untuk menyentuh wajah.

Menyentuh wajah menjadi salah satu kebiasaan buruk yang harus dihindari untuk mencegah penyebaran virus Corona. Selain itu, bila menyentuh wajah berulang kali bisa menyebarkan kotoran, minyak, dan bakteri ke wajah yang dapat menyumbat pori-pori.

8. Membuat Masker Wajah 

Mencoba membuat masker wajah sendiri menjadi salah satu kegiatan untuk membantu mengisi waktu di rumah sambil merawat kulit. Saat ini, mudah sekali membuat masker sendiri yang bisa dilihat melalui internet.

Beragam bahan alami bisa digunakan untuk membuat berbagai macam masker. Misalnya, menggabungkan putih telur, madu, oatmeal, yogurt tunani plain, lemon, alpukat, gula, dan sebagainya. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Aman Belanja Online Cegah Corona
Masyarakat yang lebih memilih belanja online akibat virus Corona mulai sekarang harus mesti waspada. Berikut tips aman belanja online.
Tips Jangan Sentuh Wajah Cegah Corona
Kebiasaan menyentuh wajah bisa meningkatkan potensi penyebaran virus Corona atau Covid-19. Berikut ulasan tips hindari kebiasaan sentuh wajah.
Tips Hidup Sehat Agar Tubuh Tidak Rentan Penyakit
Hidup sehat sangat penting diperhatikan terutama dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.
0
Tips Merawat Hewan Agar Tidak Terinfeksi Covid-19
Ada beberapa pesan Kepala Rumah Sakit Hewan Pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) Deni Noviana agar hewan terhindar dari virus corona Covid-19.