UNTUK INDONESIA
Tips Merawat Kulit dengan Madu dan Habbatussauda
Milenial memilih produk-produk kecantikan yakni, madu dan habbatussauda dengan manfaat manjurnya merawat kulit dan kesehatan secara alami.
Habbatusauda atau Jintan Hitam. (Foto: honestdocs.id)

Jakarta - Saat ini kaum milenial lebih selektif dalam memilih produk-produk kecantikan, mengutamakan produk berbahan dasar alami. Di antaranya adalah madu dan habbatussauda atau jintan hitam, yang memiliki manfaat manjur untuk perawatan kulit dan juga untuk kesehatan.

Merkuri itu terangkat dengan madu dan habbatussuada.

Berbicara tentang madu sebagai bahan untuk kecantikan, ternyata telah digunakan sejak zaman cleopatra, ratu di Mesir pada tahun 50-58 sebelum Masehi. Hal ini dijelaskan ustaz Febri Sugianto saat menjadi pembicara dalam launching produk baru Lifebuoy.

"Nah ketika bicara madu dalam kecantikan zaman cleopatra sudah dilakukan, kenapa clelopatra itu kulitnya bersih segalam, karena selalu menggunakan madu untuk konsumsi di minum dan untuk lulurnya," ujar Febri Sugianto di Jakarta, Rabu, 20 November 2019.

Menurutnya, dalam beberapa kitab juga dijelaskan bahwa madu adalah sebuah wahyu dari Tuhan sehingga semua bisa memanfaatkannya.

Baca juga: Beragam Makanan Bikin Kulit Putih Berseri

"Jadi Alquran itu mengangkat tentang madu. Nah terus kalo kita rujuk dengan kitab-kitab, maka tidak hanya dalam Quran tapi dalam Injil juga diangkat, dalam Weda itu diangkat. Itu menandakan wahyu, ini semuanya bisa menerima," ujarnya.

Febri menceritakan, pada zaman dahulu madu juga ditemukan di salah satu piramida di Mesir, digunakan sebagai bahan pengawet dengan warna yang hitam pekat. Pada saat itu tidak ada satu pun ditemukan bakteri.

Ajaibnya, kata dia, madu dapat digunakan juga sebagai bahan pembungkus bayi yang sudah berumur ratusan tahun.

Lebih lanjut, ia berkata bahwa habbatussauda adalah obat dari segala macam penyakit. Tentu sesuai dengan kebutuhan manusia. Bisa untuk penghilang rasa nyeri haid, menghancurkan kista, hingga berperan untuk perawatan kulit.

Febri menyatakan habbatussauda ternyata bisa digunakan untuk peluruh rasa sakit saat menstruasi.

Dia menjelaskan, langkah awalnya adalah biji habbatusauda disangrai sekitar 100 gram, kemudian digiling halus dicampur dengan se-gram madu, lalu aduk. Nyeri saat haid lama kelamaan bisa hilang.

Lebih hebatnya lagi, ternyata jintan hitam ini bisa digunakan untuk menghancurkan mium kista dengan asam amino yang dikandung minyak jintan hitam.

"Nah, kalau misalnya butuh untuk menghancurkan mium atau kista. Biji tidak sanggup, serbuk tidak sanggup tapi minyak, karena dibutuhkan asam amino yang tinggi, maka kita butuhkan minyak," katanya.

Baca juga: Resep Masker Alami Memutihkan Kulit Wajah

Selain itu, bisa juga dimanfaatkan untuk pereda rasa lelah setelah beraktivitas seharian.

"Untuk orang dewasa harus mengonsumsi madu 100-200 gram dan madunya dicampur dengan sedikit air, kemudian di-shake hingga ada busanya. Nah itu sama kaya infus, dia lebih cepat 3 sampai 5 menit untuk menambah energi. Jadi bagi para pekerja harus diminum, sangat efektif sekali," tuturnya.

Tak hanya untuk kesehatan, ternyata kata Febri, habbatussauda juga sangat baik digunakan untuk kecantikan.

"Ada madu masukin minyak habbatussauda sedikit saja. Dia bisa mengangkat logam berat. Biasanya kita pakai sabun sehingga merusak pori-pori kita, ada merkuri. Nah merkuri itu terangkat dengan madu dan habbatussuada," ujarnya.

Kendati demikian, untuk mendapat kulit yang mulus dan cantik harus melalui proses peradangan.

"Tapi kembali lagi kulit kita memang ada resikonya. Maka terjadi peradangan. Itu mengembalikan kulit yang seharian kita merusak dengan makeup dan sabun. Nah dengan habbatussauda ini dapat mengembalikan posisi kulit menjadi asli," ucapnya.

Habbatussauda bisa juga digunakan untuk membuat lulur dan masker yang sederhana mungkin, yakni dengan menggiling halus jintan hitam, kemudian digosok kekulit tubuh dan dioleskan ke bagian kulit wajah sebagai masker. []

Berita terkait
Tips Kecantikan untuk Perawatan Kulit Setiap Hari
Beberapa tips kecantikan untuk perawatan kulit secara rutin, yang apabila dilakukan setiap hari akan menghindari penuaan dini.
Tips Teknik Catok Tanpa Merusak Rambut Sehat
Memakai catokan rambut seakan menjadi tren dalam dunia kecantikan. Tak hanya rambut yang keriting atau ikal.
Tips Menghilangkan Keriput di Wajah Secara Alami
Bertambahnya usia tak bisa dihindari setiap orang. Konsekuensi dari setiap perubahan pun tak bisa dilawan. Salah satunya, keriput.
0
Perubahan Jokowi Itu Gila, Gaes!
Aktivis lintas dekade melontarkan jargon Indonesia yang lebih baik dengan simbol perubahan mental yang dicanangkan Jokowi untuk Indonesia Maju