UNTUK INDONESIA

Tips Merawat Antena Mobil Supaya Awet

Layaknya komponen mobil lainnya, antena mobil juga perlu mendapatkan perawatan khusus agar dapat berfungsi secara optimal.
Antena mobil. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Antena yang terpasang di atap mobil memiliki fungsi menangkap sinyal elektronik. Seringkali antena dilupakan untuk dirawat, padahal jika rusak anda tidak bisa mendengarkan siaran radio sebagai hiburan saat sedang mengemudi.

Layaknya komponen mobil lainnya, antena mobil juga perlu mendapatkan perawatan khusus agar dapat berfungsi secara optimal. Berikut Tagar berikan cara merawat antena mobil supaya awet, dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, Rabu, 25 November 2020.

1. Keringkan Bagian Mobil Setelah Dicuci

Ketika anda selesai mencuci mobil, jangan lupa mengeringkan seluruh komponen termasuk si antena tersebut. Terlebih jika menggunakan jenis antena besi, pastikan tidak terdapat sisa sabun di bagian lipatannya.

Hal tersebut bertujuan agar antena tidak berkarat akibat sisa sabun yang menempel. Kalau sudah berkarat, antena akan sulit dinaik turunkan dan membuat antena macet. Berbeda dengan jenis antenna fixed, antenna ini tidak akan berkarat atau macet.

Fixed antenna terbuat dari bahan karet, sehingga akan mengakibatkan keretakan atau getas jika sisa sabun masih menempel. Jika hal itu terjadi, maka harus diganti baru.

2. Pastikan Antena Tidak Tertekuk

Saat membersihkan mobil, jangan sampai antena mobil tertekuk. Jika sampai tertekuk, antena bisa bengkok dan patah. Oleh sebab itu, ketika hendak memasang penutup mobil, pastikan antena tidak tertekuk.

3. Berhati–hati saat Memanjangkan dan Memendekkan Antena

Antena memiliki berbagai jenis dan bentuk, ada yang ukurannya tetap, ada yang bisa di panjang pendekkan manual dan otomatis.

Ketika hendak memanjangkan antena sebaiknya harus berhati-hati sebab jika terlalu panjang nantinya antena akan tersangkut ketika mobil sedang berjalan.

4. Gunakan Minyak untuk Melumasi Antena

Lumasi antena menggunakan minyak yang biasa digunakan untuk menjahit secara rutin satu atau dua bulan sekali. Oli mesin yang baru juga dapat digunakan sebagai pengganti minyak. Melakukan pelumasan secara rutin akan mempermudah memanjang pendekkan antenna dan antena dapat berfungsi secara maksimal.[]


Penulis: Cherryn Lagustya

Berita terkait
Tips Membersihkan Kabin Mobil Cegah Virus Corona
Pandemi global virus Corona saat ini, mobil diibaratkan seperti sarang kuman. Sehingga perlu mengetahui tips membersihkan kabin mobil cegah Corona.
Tips Menjaga Kebersihan Mobil Saat Jarang Digunakan
Saat jarang digunakan mobil harus dipastikan kebersihannya agar tidak ada hewan yang bersarang di kap mesin.
Tips Merawat Mobil Tetap Kinclong di Musim Hujan
Menggunakan mobil untuk segala aktivitas pada musim hujan sudah barang pasti mobil kotor. Kondisi seperti itu membuat tampilan mobil jadi dekil.
0
Tips Merawat Antena Mobil Supaya Awet
Layaknya komponen mobil lainnya, antena mobil juga perlu mendapatkan perawatan khusus agar dapat berfungsi secara optimal.