UNTUK INDONESIA

4 Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam

Berikut 4 kandungan dalam skincare yang dapat membantu menghilangkan flek hitam dari wajah Anda.
ilustrasi wanita sedang memakai skincare. (Foto : Tagar/snsij/pikist)

Jakarta - Sangat banyak pilihan untuk merawat wajah dan menghilangkan flek hitam. Namun, sepertinya sulit untuk menemukan cara pertama yang harus dilakukan untuk memulai perawatan flek hitam.

Dilansir dari Self, beberapa dokter mengungkapkan bagaimana penangan flek hitam. Biasanya dimulai dengan mencari penyebabnya kemudian mencari produk yang tepat untuk menyamarkan serta menghilangkan flek hitam.

skincareIlustrasi sedang memakai skincare. (Foto : Tagar/bridgesward/pixabay.com)

Mencari produk yang tepat untuk menghilangkan flek hitam Anda bisa cek dari kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Berikut 4 kandungan dalam skincare yang menghilangkan flek hitam.

1. Hidrokuinon

Hidrokuinon telah menjadi standar sekitar 50 tahun dalam perawatan flek hitam. Hidrokuinon bekerja menghambat enzim yaitu, tirosinase yang membantu produksi melanin. Dalam beberapa kasus, efek hidrokuinon dapat terlihat hanya dalam dua minggu. Tapi, sebagian besar penggunaanya sekitar 8-12 minggu tergantung berbagai faktor.

Hidrokuinon dapat menyebabkan kulit kering, kemerahan dan rasa terbakar yang menanadakan reaksi alergi terhadap bahan tersebut. Disarankan untuk konsultasi mengenai alergi yang dipunya terlebih dahulu.

2. Vitamin C

Vitamin C dapat digunakan sebagai antioksidan mebantu menghalangi radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif pada wajah. Hal tersebut juga akan menghambat proses enzimatif yang menghasilkan melanin pada kulit sehingga dapat mengurangi warna gelap pada kulit. Vitamin C juga mencerahkan dan ditagetkan hanya pada area pigmentasi yang bermasalah.

3. Kedelai

Ekstrak kedelai terbukti secara penelitian membantu mencerahkan kulit. Kedelai bekerja sebagai pengobatan flek dan mencegah melanin masuk kedalam lapisan atas kulit. Anda bisa menemukan berbagai manfaat dari ekstrak kedelai di sejumlah produk skincare mencerahkan kulit.

4. Asam Kojic

Asam Kojic berasal dari jamur atau beras fermentasi. Digunakan untuk mencerahkan kulit dan paling baik digunakan bersama dengan hidrokuinon untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Bekerja dengan menekan faktor kunci dalam aktivitas sel pigmen. Namun, asam kojic juga mempunyai risiko alergi karena sering ditemukan dalam konsetrasi yang relatif rendah. Perlu beberapa bulan untuk melihat manfaat penggunaan topikal asam kojic terhadap flek hitam. []

(Risma Dewi Indriani)

Berita terkait
5 Zodiak Diprediksi Bertemu Jodoh Tahun 2021
Berikut 5 zodiak yang diprediksi tak lagi jomblo dan akan bertemu pasangannya di tahun 2021.
5 Masker Berbahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah pilihan bahan-bahan alami yang dapat dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat membandel.
Manfaat Saffron, Bisa Bikin Kulit Wajah Glowing Alami
Saffron termasuk kedalam rempah-rempah termahal di dunia. Berikut manfaatnya bagi kecantikan.
0
4 Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam
Berikut 4 kandungan dalam skincare yang dapat membantu menghilangkan flek hitam dari wajah Anda.