UNTUK INDONESIA
Tips Mengatasi Anak Agar Tak Bosan Main di Rumah
Anak kecil pasti akan merasa bosan berada di rumah lantaran virus Corona atau Covid-19 semakin mewabah.
Bermain Lintasan Kelereng. (Foto: Instagram/@sarahfrugalfunforboys)

Jakarta - Anak kecil pasti akan merasa bosan berada di rumah lantaran virus Corona atau Covid-19 semakin mewabah. Kondisi inilah yang harus dipahami oleh semua orang tua agar enak nyaman menghabiskan waktu bermain di rumah. 

Namun jangan khawatir, banyak cara kreatif dan mudah untuk menghilangkan rasa bosan yang dialami sang buah hati. Berikut Tagar mengulas tips mengatasi kebosanan anak main di rumah selama pandemi Corona yang diperoleh dari berbagai sumber. 

1. Bermain Lintasan Kelereng

Bermain Lintasan Kelereng

Bermain Lintasan Kelereng. (Foto: Instagram/@sarahfrugalfunforboys)

Bermain lintasan kelereng bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi anak bosan ketika berada di dalam rumah. Permainan ini dapat dirancang dengan mudah karena hanya menggunakan kardus dan barang-barang bekas lainnya, serta bisa dimainkan di ruangan mana saja.

Orang tua juga bisa berkreasi dalam membuat lintasan yang menarik. Anak jangan dibiarkan main sendiri, tetapi sebaiknya orang tua mengajak sang buah hati bermain bersama agar suasana semakin menyenangkan. 

2. Melukis dengan Pewarna Makanan dan Lem Basah

Melukis dengan Pewarna Makanan

Melukis dengan pewarna makanan dan lem basah. (Foto: housingaforest.com)

Melukis juga bisa menjadi salah satu cara agar anak tak bosan berada di rumah. Peralatan untuk melakukan kegiatan ini juga tergolong mudah didapatkan.

Campuran pewarna makanan dan lem basah bisa menjadi pengganti cat agar lebih ramah untuk anak. Lempengan kardus bekas pizza atau lainnya bisa digunakan sebagai kanvas untuk melukis.

3. Permainan Jaring Laba-laba

Permainan Jaring Laba-laba

Permainan Jaring Laba-laba. (Foto: pinterest.com)

Bermain jaring laba-laba menjadi tips yang baik untuk mengatasi rasa bosan sang buah hati saat berada di rumah. Orang tua cukup membuat lintasan dari benang yang membentuk jaring laba-laba.

Tali tersebut dikaitkan pada benda sekitar yang ada di dalam rumah. Nantinya lintasan tersebut akan digunakan sebagai rintangan anak untuk melewatinya.

4. Bermain Puzzle

Bermain Puzzle

Bermain Puzzle. (Foto: 30seconds.com)

Selain menyenangkan, bermain papan puzzle bisa mencerdaskan anak. Sang buah hati akan dilatih untuk fokus dan teliti saat menyusun puzzle yang terpisah.

Penelitian menunjukkan permainan satu ini mampu meningkatkan kemampuan otak. Bahkan juga bermanfaat untuk orang tua yang memiliki daya ingat lemah.

5. Membuat Lintasan Dari Lakban

Membuat Lintasan dari Lakban

Membuat Lintasan dari Lakban. (Foto: pinterest.com)

Membuat lintasan menggunakan lakban berwarna juga menjadi cara efektif agar anak tak bosan di rumah. Lintasan tersebut bisa digunakan sebagai trek mobil.

Disarankan untuk membuat lintasan di ruang yang sedikit luas, seperti halaman atau ruang keluarga. Hal ini bertujuan agar anak tak cepat bosan untuk menjelajahi trek tersebut.

6. Bermain Engklek

Bermain Engklek

Bermain Engklek. (Foto: mommiesdaily.com)

Tak hanya bisa dilakukan di luar ruangan, permainan engklek juga bisa dilakukan di dalam rumah. Kegiatan ini tentu mampu mengusir rasa kebosanan sang buah hati.

Caranya cukup mudah, buatlah pola permainan engklek menggunakan lakban berwarna. Sedangkan pecahan gentingnya bisa diganti dengan potongan kayu atau kubus lego.

7. Lempar Bola dengan Target Gelas

Lempar Bola dengan Target GelasLempar bola dengan target gelas. (Foto: Brightside.me)

Permainan bola dengan target gelas juga bisa dilakukan di dalam rumah dan tentu mampu menghilangkan kebosanan anak. Permainan ini terbilang mudah dan murah karena hanya membutuhkan sebuah bola, gelas plastik, tali, dan kardus.

Membuatnya juga tidak sulit, cukup melubangi gelas plastik pada bagian dasarnya, lalu ikatkan dengan tali yang digantung pada sisi dalam kardus. Nantinya, anak bisa melemparkan bola pada target gelas yang menggantung dari jarak tertentu.

Sebaiknya orang tua juga ikut memainkan permainan ini bersama anak supaya sang buah hati merasa betah dan senang berada di rumah. Namun jangan lupa, memberikan anak pujian dan pelukan saat berhasil mengenai target gelas tersebut. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Menyeduh Kopi ala Kafe di Rumah
Akibat virus Corona, masyarakat tidak bisa bepergian, termasuk ke kedai kopi. Jangan Khawatir, berikut tips menyeduh kopi ala kafe di rumah.
Tips Merawat Wajah Saat Isolasi Corona di Rumah
Masyarakat yang menjalankan isolasi mandiri di rumah karena Corona, sebaiknya tetap menjaga kesehatan kulit wajah.
Tips Persiapan Karantina di Rumah Saat Corona
virus Corona atau Covid-19 yang semakin merebak di sejumlah negara, membuat orang harus memilih melakukan karantina di rumah. Berikut ulasannya.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.