UNTUK INDONESIA
Tips Memilih Serum untuk Kulit Wajah Kering
Kulit kering membutuhkan waktu dan perawatan lebih agar kualitasnya bisa tetap terjaga.Salah satu cara adalah serum wajah yang mengandung pelembap.
Serum wajah untuk kulit kering. (Foto: pixabay/photosforyou)

Jakarta - Sebagian orang memiliki wajah berjenis kulit kering. Jenis kulit seperti ini membutuhkan waktu dan perawatan lebih agar kualitasnya bisa tetap terjaga. Salah satu cara dengan menggunakan serum wajah yang mengandung pelembap.

Kulit kering adalah kondisi umum yang sering dialami oleh seseorang di mana bagian lapisan terluar dari kulit kekurangan cairan. Untuk mengatasinya, perlu memilih serum wajah yang bisa menghidrasi dan menjaga kelembaban kulit.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat kulit wajah tetap kencang dan awet muda di usia tua adalah dengan menggunakan serum yang dimulai sejak usia 20-an.

Di pasaran, banyak jenis serum yang tersedia untuk berbagai jenis kulit dan memiliki kandungan sangat beragam. Semua serum tersebut pasti memiliki keunggulannya masing-masing.

Namun, bagi pemilik kulit wajah kering, masalah yang sering dialami adalah kulit yang terasa kencang terutama setelah mandi atau cuci muka, mudah mengelupas, mudah timbul serpihan kulit kering, serta terlihat kusam sampai munculnya kerutan atau garis-garis halus jauh sebelum waktunya.

Karena itu, Tagar akan memberikan ada beberapa tips memilih serum wajah yang cocok untuk kulit kering, yaitu:

1. Pilih Serum Wajah yang Mengandung Hydrator

Salah satu bahan yang dibutuhkan kulit kering adalah bahan yang mampu memberikan hidrasi pada kulit dan menjaga kadar air agar tidak terevaporasi dari dalam kulit.

Salah satunya adalah glycerin dan hyaluronic acid. Kedua bahan tersebut mampu menjaga kulit tetap terasa lembab seharian.

2. Pastikan Serum Wajah Mengandung Antioksidan

Antioksidan berfungsi untuk melindungi kulit dari dari pengaruh buruk lingkungan seperti kotoran, debu, dan polusi. Kulit kering pun cenderung tidak memiliki lapisan yang melindungi lapisan kulit bagian dalam sehingga diperlukan antioksidan untuk melindungi lapisan kulit.

Vitamin E adalah salah satu antioksidan yang banyak ditemukan pada produk skincare. Pilihlah serum yang mengandung Vitamin E untuk membantu melindungi kulit.

3. Pilih Serum Wajah Berdasarkan Reputasi Merek

Memilih serum wajah untuk kulit kering haruslah berasal dari brand yang memiliki reputasi baik di pasaran, memiliki ijin edar dari badan yang berwenang di Indonesia, dan mencantumkan secara detail kandungan formula yang terkandung dalam serum wajah pada kemasan.

Memilih produk yang telah memiliki reputasi baik tentunya lebih menjamin daripada memilih serum yang belum jelas reputasinya.

4. Pilihlah Produk yang Kaya Bahan Pelembap

Kandungan bahan pelembap merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan ketika hendak memilih serum wajah untuk kulit kering. Jika menggunakan serum tanpa bahan pelembap, serum tersebut akan sia-sia digunakan karena tidak membuat kondisi kulit kering Anda membaik.

Untuk itu memilih serum dengan kandungan kaya akan pelembap seperti ceramide, hyaluronic acid, kolagen, dan kandungan lainnya. Selain itu, glycerin juga dapat membantu melembapkan kulit, meski daya pelembapnya tidak sekuat ceramide.

Kulit kering yang sensitif sangat membutuhkan serum yang dapat menjaga kelembapannya. Untuk itu, perlu menggunakan serum yang mengandung moisturizing agent agar mendapatkan hasil optimal.

5. Pilih Berdasarkan Tekstur untuk Kemudahan Pemakaian

Tidak terbatas pada serum wajah untuk kulit kering saja, umumnya ketika mencari serum wajah, akan menemukan berbagai produk dengan tekstur berbeda yang bisa dipilih sesuai preferensi masing-masing.

Serum wajah memiliki beberapa tekstur seperti gel atau mirip gel, sedikit cair, atau tipe cair yang agak kental. Sebenarnya, tidak ada tekstur tertentu yang diperuntukkan untuk kulit kering.

Produk dengan tekstur seperti gel biasanya memiliki kemasan yang lebih praktis, lebih mudah meresap ke dalam kulit, dan berbagai keunggulan lainnya. Meski begitu, tetap bisa memilih tekstur selain gel sesuai dengan kenyamanan. []

Berita terkait
Tips Donna Agnesia sebagai Boncenger ke Gunung Himalaya
Medan yang ditempuh cukup menantang. Untuk itu, Donna membagikan tips khususnya wanita sebagai "boncenger".
Tips Makeup ala Artis Drama Korea
Makeup ala perempuan Korea Tampilan yang fresh namun tidak berlebihan.
Tips Memilih Pelembab untuk Wajah
Pelembab wajah merupakan salah satu produk skincare wajib yang harus di miliki oleh setiap wanita.
0
Pengamat Sebut Gerindra Bisa Jadi Koalisi-Kritis
Apabila Gerindra bergabung ke pemerintahan Jokowi, partai tersebut bisa berperan menjadi koalisi-kritis.