Tips Jitu Kurangi Biaya Tagihan Listrik

Salah satu cira yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya listrik yaitu dengan memperhatikan penggunaan lampu di rumah.
Hemat Memakai Listrik di Rumah Agar Tagihan Aman (Foto: Tagar/Freepik/Rawpixelcom)

Jakarta - Saat membayar tagihan listrik anda pasti bertanya-tanya, mengapa iuran listrik menjadi sangat besar. Ada beberapa faktor penyebab tagihan listrik menjadi bengkak. 

Bisa saja dari penggunaan alat-alat eletronik yang menyedot listrik besar tanpa disadari, atau sering kali lupa mematikan lampu dimalam hari. Untuk mengatasi masalah itu, inilah tips informasi cara mengurangi biaya tagihan listrik.


Gunakan Lampu LED

Salah satu cira yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya listrik yaitu dengan memperhatikan penggunaan lampu di rumah. Jika anda lebih ingin berhemat, mulai sekarang gunakan lampu LED. 

Mungkin beberapa masih ada yang menggunakan lampu pijar di rumahnya. Jika seperti itu disarankan mengganti ke LED saja, karena lampu LED ini merupakan salah satu pilihan terbaik ketimbang lampu pijar. Karena memang lebih ramah lingkungan, biayanya juga rendah, dan memiliki tingkat efisiensi energi yang tinggi juga.


Pakai Listrik Pra Bayar

Cara yang bisa diterapkan untuk membuat listrik jadi lebih hemat adalah menggunakan listrik pra bayar atau token pulsa listrik. Untuk penggunaan listrik yang pasca bayar mungkin beberapa dari anda merasa boros, namun dengan penggunaan listrik pra bayar ini anda bisa jadi lebih menghemat. 

Karena nantinya anda hanya memakai sesuai dengan yang anda bayar, misalnya jika sudah habis maka listrik di rumahmu akan mati. Kemudian untuk menyalakannya harus membeli pulsa listrik lagi.


Gunakan Setrika yang Memiliki Pengatur Panas Otomatis

Penggunaan setrika juga ternyata bisa membantu untuk menghemat tagihan listrik. Jika selama ini di rumah anda masih menggunakan listrik yang lama, maka tak ada salahnya mencoba untuk mengganti setrika baru yang memang punya pengatur panas yang otomatis. 

Setrika yang punya pengatur panas otomatis ini akan lebih membantumu untuk menghemat biaya tagihan listrik.


Kurangi Penggunaan AC

Salah satu hal yang bisa menyebabkan tagihan listrik jadi melonjak naik adalah karena konsumsi AC yang berlebihan atau melebihi konsumsi harian biasanya. Jika tagihan listrik anda mengalami kenaikan, mungkin bisa jadi karena anda menggunakan terlalu banyak AC. 

Jadi pastikan bahwa sekarang anda menurunkan konsumsi AC, jangan terlalu sering untuk menyalakan AC setiap harinya. Jika tidak ada orang di dalam ruangan maka matikan AC tersebut. Sebagai alternatif dari AC, jika merasa gerah nyalakan kipas angin saja supaya menjadi lebih hemat.


Kurangi Penggunaan Lampu

Misalnya saja pada siang hari, selama tidak menggunakan lampu maka sebaiknya matikan lampu dan biarkan jendela terbuka. Manfaatkan sinar matahari sebagai pusat keterangan di ruangan. 

Selain itu, cara meminimalisir penggunaan lampu yang selanjutnya adalah harus mematikan lampu jika tidak sedang digunakan. Dengan begitu anda bisa membantu hemat energi dan juga tagihan listrik tidak akan membengkak.


GantI Alat Eletronik yang Sudah Berumur

Mungkin banyak yang belum sadar bahwa ternyata peralatan elektronik yang sudah tua itu menggunakan daya listrik yang sangat besar. Beda dengan peralatan elektronik baru yang sudah canggih sehingga mengkonsumsi daya listrik yang seminimal mungkin. 

Jika di rumah ada mesin cuci, kulkas, atau mungkin benda elektronik lainnya yang sudah berumur, dan mungkin anda juga mengalami pembengkakan tagihan listrik. Anda bisa menggantinya dengan peralatan elektronik keluaran terbaru. Dan kemudian bandingkan, mana yang lebih murah tagihan listriknya.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Menjalin Hubungan Harmonis dalam Rumah Tangga
Untuk itu, menjaga hubungan tetap harmonis sangatlah penting untuk menciptakan kehidupan pernikahan yang berlangsung lama.
5 Tips Menghilangkan Bosan Selama di Rumah
Rasa bosan bisa diatasi dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan.
Tips Membeli Mobil dari Uang Tabungan Secara Cash
Anda bisa menjual barang di rumah yang mungkin sudah tidak anda pakai, namun masih layak digunakan orang lain.
0
Tips Jitu Kurangi Biaya Tagihan Listrik
Salah satu cira yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya listrik yaitu dengan memperhatikan penggunaan lampu di rumah.