Ingin Kucing Sehat? Berikut Tips Memelihara Kucing Dirumah

Kucing juga mempunyai sifat lembut dan manja sehingga sangat cocok untuk dijadikan teman sehari-hari di rumah.
Kucing (Foto: Tagar/Pexels/Lina Kivak)

Jakarta - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak dipilih manusia sebagai teman dirumah. Sikap kucing yang lucu dan menggemaskan memang menjadi daya tarik tersendiri. 

Bukan hanya itu, kucing juga mempunyai sifat lembut dan manja sehingga sangat cocok untuk dijadikan teman sehari-hari di rumah.

Terdapat beberapa cara merawat kucing yang perlu diperhatikan. Mulai dari pemberian makanan dan minum yang cukup, sarana pembersihan kotoran yang memadai, menjaga kebersihan kucing, hingga memeriksakan kucing ke dokter hewan jika mengalami gangguan kesehatan

Mau tahu bagaimana tips merawat kucing supaya tetap sehat dirumah, berikut ulasannya.


Rutin memberi makan dan membersihkan tempat makan dan minum

Perlu diperhatikan jenis makanan yang cocok dengan kucing anda, salah memberikan makanan kucing dapat mengakibatkan bulu rontok dan bisa menyebabkan masalah pencernaan. Jadi beri makanan yang sesuai seperti olahan daging ayam, sapi, atau ikan. 

Dan juga jangan lupa membersihkan tempat makan dan minumnya. Karena kucing peliharaan mungkin makan secara berantakan, pilihlah model tempat makan dan minum yang bisa mencegah mencegah tumpahan makanan dan air mengotori lantai


Menyisirkan bulu

Hal ini merupakan cara mudah agar bulu kucing kesayangan anda memiliki bulu yang lembut. Dengan menyisir dapat membantu menghilangkan bulu mati yang dapat ditelan kucing. Selain itu menyisirkan kucing secara rutin dapat menghilangkan kutu dan bakteri.


Memandikan kucing

Selain menyisirkan bulu, memandikan kucing juga ampuh merawat kesehatan bulu. Pillih jenis sampo khusus kucing, penggunaan sampo manusia kepada kucing boleh saja namun lebih baik menggunakan sampo kucing yang sudah diformulasikan untuk bulu kucing. 

Tidak perlu memandikan kucing setiap hari, untuk seminggu dianjurkan 1 s/d 2 kali agar bulu tetap sehat dan lembut.


Merawat kandang kucing

Dalam memelihara kucing beberapa mungkin membiarkan kucingnya tidur dimana pun di rumah. Namun tidak semua orang membiarkan berkeliaran dirumah karena beberapa alasan. 

Solusinya dapat dimasukan kedalam kandang kucing. Kandang kucing juga perlu diperhatikan kebersihannya, kandang yang jarang dibersihkan dapat memicu kucing terserang penyakit. Bersihkan kandang kucing anda secara berkala dengan sabun dan keringkan sebelum digunakan kembali.

Nah itu dia beberapa tips untuk anda yang menginginkan kucing anda sehat dan terhindar dari penyakit.[]


(Eggy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
6 Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan
Selain menjadi tanaman hias, kumis kucing dinilai cukup ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit.
Saking Sayangnya, Nagita Slavina Rawat Kucing Keseleo di RS
Nagita Slavina merupakan pecinta kucing. Ia sangat perhatian pada kucing peliharaannya. Ketika kucingnya keseleo, ia larikan ke RS buat rawat inap.
Ikan Paus, Merpati, Kucing dan Hewan Lain Jadi Agen Spionase
Presiden Joko Widodo akan membangun rumah untuk keluarga awak kapal selam TNI AL KRI Nanggala 402 yang hilang 21 April 2021
0
Ingin Kucing Sehat? Berikut Tips Memelihara Kucing Dirumah
Kucing juga mempunyai sifat lembut dan manja sehingga sangat cocok untuk dijadikan teman sehari-hari di rumah.