Tips Fokus Pembelajaran Daring

Salah satu cara agar pembelajaran daring maksimal adalah dengan menciptakan ruang belajar yang nyaman, seperti posisi duduk dan pencahayaan.
Ilustrasi Belajar Daring. (Foto: Tagar/NJFamily)

Jakarta - Pembelajaran daring memang membosankan. Kita tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan teman dan guru.  Susah paham, kesepian, dan sebagainya, menjadi persoalan dari pembelajaran daring. Belum lagi persoalan sinyal internet.

Fakta pandemi membuat semua orang harus beradaptasi dengan keadaan. Kita harus cari cara paling nyaman untuk melangsungkan kegiatan belajar.

Berikut ini tips pembelajara daring.


Ciptakan Ruang Belajar yang Nyaman

Ketika mulai untuk belajar online, suasana di sekitar ruang belajar pasti akan mempengaruhi suasana belajar. Jika kamu masih belajar di kamar tidur dengan keadaan gelap dan tertutup, sudah pasti rasa malas yang akan menyelimuti. Jadi sebaiknya, mulai atur tempat untuk belajar yang mendukung proses pembelajaran yang nyaman.

Pencahayaan yang terang akan memberikan suasana belajar yang lebih semangat. Jangan lupa, persiapkan peralatan yang diperlukan untuk mendukung proses belajar. Seperti alat tulis, buku dan alat komunikasi untuk belajar online.

Atur juga posisi meja dan tempat duduk yang nyaman, agar tidak mudah lelah untuk belajar seharian. Tidak harus di kamar, bisa jadi saat merasa jenuh, kamu juga bisa memilih tempat belajar di suasana yang terbuka.


Atur Waktu Belajar

Penting untuk membuat jadwal belajar yang sesuai dengan kondisi kamu di rumah. Sesuaikan juga dengan waktu istirahat dan waktu yang lain bersama keluarga. Jangan sampai terlalu santai atau malah terlalu keras hingga lupa untuk istirahat.

Pentingnya mengatur jadwal belajar yang seimbang dengan kegiatan lainnya, akan membuat kamu tetap semangat. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjaga kondisi kesehatan fisik dan mental kamu.


Jangan Lupa Istirahat

Banyak keluhan dari para siswa yang merasa kelelahan karena belajar online. Oleh karena itu, penting untuk tahu tips belajar online yang efektif. Salah satunya, penting untuk meluangkan waktu istirahat.

Belajar online di rumah, akan membuat kamu justru seolah-olah tidak pernah berhenti. Oleh karena itu, kamu perlu untuk meluangkan waktu jeda di sela-sela belajar. Misalnya, kamu bisa mengambil jeda jam-jam tertentu, sejenak meninggalkan proses belajar.

Kamu bisa mengisi waktu istirahat dengan tidur, atau melakukan kegiatan lainnya yang lebih santai. Seperti berinteraksi dengan keluarga atau berjalan keluar rumah untuk menghirup udara segar. Pentingnya waktu istirahat ini akan membuat konsentrasi belajarmu semakin meningkat dan bisa kembali fokus.


Jaga Komunikasi dengan Guru Pembimbing

Meski dilakukan dari rumah saja secara online, kamu harus tetap menyapa guru di luar waktu belajar. Menjaga komunikasi dengan guru, menjadi salah satu tips belajar online agar tetap mendapatkan solusi saat kesulitan belajar. Apalagi jika masih ada pelajaran yang kurang paham.


Bentuk Kelompok Belajar Kecil

Jika mulai jenuh dengan belajar online yang dilakukan sendiri. Kamu mulai bisa membentuk satu grup belajar bersama melalui komunikasi group online. Salah satu tips ini akan membuat kamu tetap merasa tetap memiliki teman.

Beberapa tips belajar online di atas, semoga dapat membantu memberikan solusi belajar yang nyaman. Jika sudah mendapatkan metode belajar online yang disukai, tentu semangat belajar akan tinggi. Kamu akan lebih fokus dalam menerima materi-materi baru. Jadi, jangan lupa untuk menerapkan tips ini agar belajarmu tetap fokus. []


Baca juga



Berita terkait
Mendatangkan Bahagia di Pagi Hari dengan 4 Tips Ini
Membuat dirimu bahagia saat bangun pagi dapat dilakukan salah satunya dengan cara tidak mengecek ponsel, terutama memeriksa media sosial.
Jika Kehilangan Barang, Ikuti 9 Tips Ini
Kadang kita sering luput sebagai manusia, sehingga salah satu konsekuensinya adalah kehilangan barang. Salah satu langkahnya adalah membaca doa.
Tips Menyerap Pembelajaran dengan Maksimal
Belajar merupakan suatu rutinitas yang harus di lakukan oleh para pelajar, bahkan orang dewasa. Kita harus punya cara agar menyerap ilmu maksimal.
0
Ratusan Balita Kena Covid-19, Dinkes DKI: Orang Tua Jaga Anak
333 kasus dari 9.439 kasus Covid-19 di DKI Jakarta di antaranya menimpa anak berusia 0-5 tahun. DIna Kesehatan mengimbau orang tua jaga anak.