Tips Berjualan di Marketplace Bagi Para Pelaku UMKM

Dalam melakukan penjualan secara online, penting untuk memiliki strategi yang baik demi menjaga penjualan. Nah, ini tips berjualan di marketplace.
Ilustrasi - Pelatihan fotografi bagi para pelaku UMKM. (Foto: Tagar/Antara Foto)

Jakarta – Memasuki ranah digital bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), marketplace semakin gencar dipelajari dan digunakan. Dalam melakukan penjualan secara online, penting untuk memiliki strategi yang baik demi menjaga penjualan, terlebih dengan banyaknya kompetitor.

Maka dari itu, selain mempelajari produk, penting bagi pelaku usaha untuk mengetahui berbagai cara atau tips yang baik dalam berjualan secara online. Berikut adalah 7 tips bagi para pelaku usaha untuk berjualan di marketplace.


1. Buat Akun Sosial Media

Dalam berjualan di marketplace, tak ada salahnya untuk memiliki akun sosial media khusus untuk produk yang dijualkan. Melalui sosial media ini, para pelaku usaha dapat mempromosikan produk mereka melalui berbagai fitur yang dihadirkan, seperti Instagram Story, Tiktok, dan lainnya.


2. Unggah Foto dan Video yang Menarik

Memberikan upaya yang besar dalam menghadirkan foto maupun video yang menarik juga sangat penting dalam menarik minat masyarakat. 

Terkadang, meskipun barang yang mereka lihat tidak sepenuhnya mereka perlukan, foto dan video yang diambil dengan sangat baik membuat beberapa orang jadi ingin memilikinya.


3. Kenali Nilai Menarik Produk

Dalam menjual sebuah produk, khususnya saat pesaing bisnis lebih banyak, memiliki nilai menarik dalam produk yang dijual akan memberikan nilai plus tersendiri. Selain dapat lebih mudah diingat saat mempromosikan produknya, pelaku usaha juga mampu menentukan branding yang sesuai nantinya.


4. Tentukan Target Pasar

Target pasar memang wajib untuk ditentukan bagi pelaku usaha manapun. Target pasar sendiri akan sangat membantu dalam menentukan bentuk promosi yang tepat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menentukan target pasar sesuai produk yang dimiliki, ya.


5. Buat Promo Hingga Gratis Ongkir

Semurah apa pun harga produk di antara kompetitornya, promo dan gratis ongkos kirim (ongkir) akan terlihat lebih menarik bagi para calon pembeli. Dengan sering mengadakan promo atau give away berupa potongan diskon, produk akan semakin digandrungi, baik oleh pembeli tetap maupun calon pembeli.


6. Pandai Mengikuti Tren

Hal berikutnya yang dapat pelaku usaha terapkan dalam meluaskan promosi pasar adalah dengan mengikuti tren dengan baik untuk ajang branding. Namun, dalam mengikuti tren ini, jangan lupa untuk tetap menjaga reputasi dan nama produk dengan baik. Karena itu, pandai-pandai dalam mengikuti tren, ya.


7. Jalin Komunikasi Dengan Pelanggan

Terakhir dan yang paling penting adalah menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan. Terlepas dari sebagus apa pun produk yang pelaku usaha jual, jika pemiliknya tak ramah dan tidak bisa menjaga komunikasi dengan baik, pembeli akan malas untuk melakukan pembelian kembali.

(Rana Maheswari Ummairah)


Berita terkait
Kembangkan UMKM, Sampoerna Bantu Pelaku Usaha Terima NIB
Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia memberikan NIB secara simbolis kepada 300 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Sampoerna.
Tips Menyusun StrategiKeuangan Bagi Pelaku Bisnis UMKM
Berikut beberapa tips strategi manajemen pengelolaan keuangan dalam UMKM adalah sebagai berikut.
Hasil Survei, OVO Jadi Alat Bayar Utama Bagi Pelaku UMKM
OVO salah satu platform pembayaran digital dewasa ini, menjadi alat pembayaran utama yang digunakan oleh para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.
0
Aung San Suu Kyi Dipindahkan ke Penjara di Naypyitaw
Kasus pengadilan Suu Kyi yang sedang berlangsung akan dilakukan di sebuah fasilitas baru yang dibangun di kompleks penjara