UNTUK INDONESIA
Timnas Kalah, Simon Out dan Andritany Jadi Trending
Kekalahan Indonesia dari Thailand di kualifikasi Piala Dunia 2022 memunculkan desakan di media sosial agar pelatih Simon McMenemy diberhentikan.
Kiper tim nasional Andritany Ardhiyasa (kiri) dianggap blunder saat menjatuhkan Supachok Sarachat (kanan) yang berujung penalti. Indonesia akhirnya kalah 0-3 di laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 10 September 2019. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak)

Jakarta - Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand. Kekalahan 0-3 dari Thailand di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 10 September 2019 menjadikan Indonesia terbenam di dasar klasemen Grup G. Buntutnya media sosial diramaikan desakan agar pelatih Simon McMenemy diberhentikan. Tagar #Andritany juga menjadi trending di Twitter. 

Tim nasional tak berkutik menghadapi Thailand. Tim asuhan McMenemy hanya mampu bermain bagus selama 45 menit babak pertama. Di babak itu, mereka masih bisa mengimbangi tim tamu meski tak mampu mencetak gol. 

Di babak kedua, Indonesia tak bisa mengembangkan permainan. Buntutnya, gawang Andritany Ardhiyasa tiga kali dibobol pemain Thailand. 

Ini laga yag berat, sungguh berat. Kami bermain bagus di babak pertama tetapi tak bisa membuat gol. Di babak kedua, permainan kami tidak berkembang. Thailand menunjukkan kualitasnya

Gelandang Stefano Lilipaly mengakui laga melawan Thailand memang tidak mudah. Bahkan di babak kedua, tim sudah sulit berkembang sehingga hanya sesekali memberi tekanan dan mengancam gawang Thailand.

"Ini laga yag berat, sungguh berat. Kami bermain bagus di babak pertama tetapi tak bisa membuat gol. Di babak kedua, permainan kami tidak berkembang. Thailand menunjukkan kualitasnya," kata Lilipaly. 

Penampilan tak memuaskan timnas menjadikan suporter kecewa. Mereka tidak hanya menyoraki pemain sendiri saat menguasai bola. Suporter juga meneriakkan 'Simon Out' usai peluit akhir dibunyikan.

Di media sosial Twitter, desakan 'Simon Out' juga menggema. Bahkan tagar #simonout berada di posisi dua trending Indonesia. Eks pelatih Bhayangkara FC ini dinilai gagal mengangkat performa timnas. 

Namun tagar #Andritany menempati peringkat pertama sekaligus mengalahkan #simonout. Blunder yang dilakukan kiper Persija Jakarta membuat dirinya menjadi sorotan. Pasalnya, blunder itu menjadikan Indonesia mendapat hukuman penalti. 

Penalti itu pula yang mengantarkan Thailand unggul 2-0. Gol kedua Thailand yang meruntuhkan mental pemain Indonesia. Apalagi, Andritany sesungguhnya tak perlu menjatuhkan Supachok Sarachat karena sudah tidak bisa mengejar bola yang hampir keluar. 

Namun Andritany malah berusaha menghalangi upaya Supachok. Bahkan dia mengganjal sang pemain saat tidak ada bola. Buntutnya, wasit menunjuk titik putih. 

Kekalahan dari Thailand dan di laga sebelumnya saat menghadapi Malaysia menjadikan Indonesia kian sulit bersaing di Grup G. Apalagi di laga berikutnya, Indonesia melakoni laga tandang melawan Uni Emirat Arab, 10 Oktober 2019. Selanjutnya, timnas menjamu Vietnam, 15 Oktober 2019. []

Berita terkait
Kiper Blunder, Indonesia Dikalahkan Thailand
Indonesia dikalahkan Thailand 0-3 di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 10 September 2019.
Indonesia vs Thailand, Duel Lini Tengah Jadi Penentu
Duel lini tengah saat Indonesia melawan Thailand akan menjadi penentu. Laga kualifikasi Piala Dunia 2022 ini digelar di Stadion GBK, Jakarta.
Thailand, Lawan Berbahaya yang Harus Dikalahkan Timnas
Thailand lawan yang berbahaya karena berada di level berbeda. Namun Indonesia harus bisa mengalahkan Thailand di laga kualifikasi Piala Dunia 2022.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.