UNTUK INDONESIA
Kiper Blunder, Indonesia Dikalahkan Thailand
Indonesia dikalahkan Thailand 0-3 di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 10 September 2019.
Indonesia dikalahkan Thailand 0-3 di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 10 September 2019. Tampak pemain Indonesia Andik Vermansyah (tengah) menghadang pemain Thailand Theerathon Bunmathan di laga itu. (Foto: ANTARA/Nova Wahyudi)

Jakarta - Thailand membuktikan masih yang terbaik saat melawan Indonesia. Meski tidak diperkuat pemain terbaik seperti Teerasil Dangda, Thailand tak kesulitan mengalahkan Indonesia 3-0 di pertandingan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 10 September 2019. 

Indonesia hanya memberi perlawanan selama 45 menit babak pertama. Dengan kondisi pemain yang belum terkuras stamina, tim nasional tampil bagus dan mengimbangi tim tamu. 

Pelatih Simon McMenemy menurunkan trio Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, dan Andik Vermansyah yang memiliki karakter menyerang. Mereka menopang Alberto 'Beto' Goncalvez yang menjadi ujung tombak tunggal

Hanya serangan mereka selalu gagal. Solidnya pertahanan Thailand menyulitkan pemain Indonesia mencetak gol. Peluang bagus justru diperoleh bek Hansamu Yama di menit 18. Namun sepakannya melambung di atas gawang Thailand.

Sebaliknya, Thailand juga memiliki beberapa peluang. Tercatat Supachok Sarachart masih bisa digagalkan kiper Andritany Ardhiyasa di menit 24. Kiper Persija ini juga menggagalkan tendangan bebas Theeraton Bunmathan di menit akhir babak pertama. 

Saling Menyerang

Di babak kedua, baik Indonesia maupun Thailand tetap saling menyerang. Namun Thailand yang berhasil membobol gawang Indonesia. 

Melalui serangan balik, Supachok yang berkali-kali mengancam gawang Indonesia akhirnya sukses menaklukkan kiper Andritany menit 55. Tendangannya yang mengarah ke sudut kiri gawang tak bisa dijangkau kiper. 

Tak lama berselang atau 10 menit kemudian, Thailand memperbesar keunggulan dari titik penalti. Hukuman penalti diberikan setelah Andritany melakukan blunder dengan menjatuhkan Supachok. 

Padahal bila membiarkan saja, Supachok sesungguhnya tidak akan bisa mengejar bola yang hampir keluar lapangan. Namun aksi Andritany justru membuat Supachok terjatuh di dalam kotak penalti. 

Eksekusi penalti dituntaskan dengan baik oleh Theeraton. Skor menjadi 2-0 untuk Thailand dan Indonesia kian sulit mengejar ketinggalannya. 

Terbukti, gawang Indonesia kembali kebobolan. Kali ini, Supachok mencetak gol kedua di menit 73. Menerima umpan silang, Supachok meski mendapat pengawalan pemain Indonesia, tetap tak kesulitan mencetak gol dari jarak dekat. Skor 3-0 bertahan sampai akhir laga. 

Hasil itu menjadikan Indonesia kian terpuruk di dasar klasemen karena belum pernah sekalipun meraih poin setelah menelan dua kekalahan.

Sebaliknya, Thailand melesat ke puncak klasemen Grup G dengan poin empat. Thailand menggeser Malaysia yang ditaklukkan Uni Emirat Arab 2-1 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur. [] 

Berita terkait
Indonesia vs Thailand, Duel Lini Tengah Jadi Penentu
Duel lini tengah saat Indonesia melawan Thailand akan menjadi penentu. Laga kualifikasi Piala Dunia 2022 ini digelar di Stadion GBK, Jakarta.
Thailand, Lawan Berbahaya yang Harus Dikalahkan Timnas
Thailand lawan yang berbahaya karena berada di level berbeda. Namun Indonesia harus bisa mengalahkan Thailand di laga kualifikasi Piala Dunia 2022.
Timnas Berusaha Bangkit Lawan Thailand
Tim nasional berusaha bangkit saat menghadapi Thailand di kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa 10 September 2019.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.