UNTUK INDONESIA
Tim Jibom Polda Jawa Barat Sisir Gereja di Cirebon
Jelang misa Natal, kepolisian melakukan sterilisasi gereja-gereja di Cirebon.
Petugas kepolisian memeriksa kondisi gereja di Cirebon, Selasa, 24 Desember 2019. (Foto: Tagar/Charles)

Cirebon - Kepolisian Resor (Polres) Kota dibantu tim penjinak bom (Jibom) Polda Jawa Barat melakukan sterilisasi dan penyisiran gereja-gereja untuk antisipasi benda berbahaya, termasuk bom. Upaya ini untuk antisipasi adanya aksi teror jelang misa Natal nanti malam.

Gereja-gereja yang disterilisasi yakni Gereja Kristen Immanuel, Gereja Sidang Pantekosta di Jemaat Filadelfia, Gereja Kristen Pasundan, Gereja Santo Yoseph, Gereja Kristen Indonesia Pengampon GKI, Gereja Bethel Indonesia GBI Kalvari, Gereja Bethel Tabernakel Elsadai, GPDI Jemaat Betlehem, Gereja Bunda Maria, Gereja Huria Kristen Batak (HKBP).

Dan kami nyatakan gereja-gereja di Kota Cirebon dalam keadaan aman.

Dari hasil penyisiran yang dilakukan lima anggota Jibom bersama polisi Cirebon, tidak ditemukan barang-barang berbahaya. Pihak kepolisian pun menyatakan gereja-gereja di Kota Cirebon aman dan masyarakat tidak perlu khawatir untuk datang ke gereja melaksanakan ibadah Natal.

"Dari hasil penyisiran di beberapa gereja yang ada di Kota Cirebon, kami tidak menemukan hal-hal yang mencurigakan. Dan kami nyatakan gereja-gereja di Kota Cirebon dalam keadaan aman," kata Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy didampingi Kasubbag Humas Ipda Ngatidja usai memimpin sterilisasi gereja-gereja di Kota Cirebon, Selasa, 24 Desember 2019.

Selain penyisiran dan sterilisasi, pihaknya juga akan menempatkan empat hingga enam anggota Polri di setiap gereja. Kekuatan ini belum termasuk personel TNI, instansi terkait dan potensi masyarakat. 

Kepolisian pun telah berkoordinasi dengan pihak keamanan gereja untuk melaporkan jika ada orang asing yang datang ke gereja.

"Petugas keamanan gereja, biasanya hafal wajah jemaat yang sering datang ke gereja. Kalau ada wajah baru maka secepatnya berikan informasi ke kami," ujar Roland. [] 

 Baca juga: 

Berita terkait
Jelang Nataru Penumpang Kereta Daop 3 Cirebon Naik
Lima hari masa angkutan Nataru, PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat ada kenaikan jumlah penumpang.
Bus di Cirebon Diperiksa, Sopirnya Dites Urine
Jelang libur Natal dan Tahun Baru, kondisi bus dan sopir di Cirebon diperiksa.
1300 Personel Gabungan Siap Amankan Nataru Cirebon
Sekitar 1.300 personel gabungan siap amankan perayaan Natal dan Tahun Baru di Cirebon.
0
Polres Tegal Tembak Komplotan Pembobolan Rumah TNI
Polres Tegal menangkap empat orang komplotan pembobolan rumah anggota TNI pada 14 Januari 2020 di Perumahan grand Husada Regency, Tegal.