UNTUK INDONESIA
Tiga Trik Hadapi Suhu Panas di Siang Hari
Suhu udara siang hari beberapa hari terakhir terasa sangat panas, untuk menjaga tubuh tetap bugar perlu menyiasatinya.
Ilustrasi konsumsi air untuk menghindari dehidrasi. (Foto: Antara/Shutterstock)

Jakarta - Suhu udara siang hari beberapa hari terakhir terasa sangat panas, sehingga perlu menyiasati diri agar tetap bugar.

Seperti diberitakan Antara, dokter spesialis penyakit dalam Ari Fahrial Syam membagikan sejumlah trik agar tubuh tetap bugar.

1. Hindari Konsumsi Kafein

Ari mengatakan menghindari konsumsi kopi atau minuman lain yang mengandung kafein karena akan menyebabkan dehidrasi makin parah.

"Selama di udara terbuka, minum air sebanyak tiga-empat liter untuk mencegah dehidrasi. Lihat warna urin untuk melihat apakah telah terjadi dehidrasi. Jika warna urin kuning, tingkatkan jumlah minum yang dikonsumsi," kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) tersebut.

2. Hindari Paparan Langsung Matahari

Sebaiknya menghindari paparan langsung dari panas matahari dengan menggunakan topi ataupun payung. Sebelum keluar rumah gunakan sunscreen.

"Hindari aktivitas yang tidak penting di luar rumah terutama pada udara terbuka karena cuaca panas. Karena cuaca ekstrem akan membuat seseorang akan lebih mudah mengalami kelelahan," katanya.

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran

Untuk menjaga tubuh tetap bugar di bawah paparan matahari, sangat diperlukan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi yang baik dan mengandung air. Selain itu, jangan menunda jam makan agar selalu fit.

"Makan makanan berkualitas dan jangan menunda makanan. Banyak konsumsi sayur-sayuran dan buah yang banyak mengandung air," katanya.[]

Berita terkait
Tujuh Tips Merawat Kesehatan Gigi
Gigi memiliki fungsi yang vital untuk mengunyah makanan sebelum kemudian dicerna di dalam usus. Maka, ada baiknya menjaga kesehatan gigi.
Bahaya Konsumsi Ciu untuk Kesehatan Tubuh
Ciu sudah dikenal di kalangan masyarakat luas, yang dampaknya sangat berbahaya jika sudah mengonsumsinya.
Manfaat Lima Macam Daun Buah-Buahan untuk Kesehatan
Daun buah-buahan ternyata memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh.
0
Pelempar Sperma di Tasikmalaya Ditetapkan Tersangka
Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota menetapkan seorang pemuda sebagai tersangka kasus pelecehan seksual, karena melempar cairan sperma.