Jakarta - Capres nomor urut 01 Prabowo Subianto tercatat telah mengklaim deklarasi kemenangan pemilihan presiden (Pilpres) 2019 sebanyak tiga kali. Dua di antaranya dilakukan sendiri, dan sisanya dilakukan bersama cawapres Sandiaga Uno.

Prabowo keluar dari Rumah Kertanegara Jakarta kemudian memberikan orasi untuk pertama kali pada Rabu 17 April 2019, sekira pukul 16.45 WIB. Didampingi deretan ulama pegiat aksi 212, beberapa tokoh BPN, serta beberapa petinggi partai koalisi, dia berorasi di depan dua ratusan massa pendukungnya.

Prabowo mengklaim hasil quick count dan exit poll Badan Pemenangan Nasional (BPN) memenangkan dirinya dan Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019.

"Hasil exit poll kita di 5 ribu TPS menunjukan kita menang di 55,4 persen. Hasil quick qount kita menang 52,2 persen," kata Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu 17 April 2019.

Malamnya, klaim kedua digelontorkan Prabowo sekitar pukul 20.25 WIB. Dalam orasi keduanya, mantan Danjen Kopassus itu kembali mengklaim kemenangan. Dia menyebut pasangan Prabowo-Sandi telah memperoleh suara lebih dari 62%, dalam real count internal yang mereka lakukan.

"Saya hanya ingin berikan update, nerdasarkan real count kita sudah berada di 62,%. Ini adalah hasil real count dlm posisi lebih dr 320rb TPS," kata dia dalam pidato keduanya.

"Berarti sekitar 40%. Dan ini sudah diyakinkan ahli-ahli statistik bahwa ini tidak akan berubah banyak. Bisa naik 1 persen bisa turun 1 persen. Tapi detik ini, kita berada di 62%," katanya lagi.

Seusai memberikan orasi, Prabowo sempat melakukan proses sujud syukur, seperti yang dilakukannya pada tahun 2014 silam. Kemudian didampingi Hashim Djojohadikusumo, Fadli Zon, Zulkifli Hasan dan sederet tokoh partai koalisi Adil Makmur, bergegas masuk ke dalam rumah.

Tak lama setelah itu, enam mobil ikut masuk ke pelataran bagian dalam rumah. Diduga, mobil bakal digunakan rombongan partai koalisi untuk membelah massa saat akan meninggalkan kediaman Prabowo.

Keesokan harinya, yakni pada Kamis 18 April 2019, Prabowo Subianto kembali mendeklarasikan kemenangan dirinya sebagai presiden terpilih 2019-2024. Kali ini Prabowo didampingi Sandiaga Uno.

"Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air, pada hari ini saya Prabowo Subianto menyatakan bahwa saya dan saudara Sandiaga Salahudgin Uno, mendeklarasikan kemenangan sebagai presiden dan wakil presiden RI tahun 2019-2024," beber dia di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 18 April 2019.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengklaim, data kemenangan diperoleh dari hasil real count versi dirinya bersama timnya.

"Berdasarkan perhitungan lebih dari 62 persen perhitungan real count dan C1 yang telah Kami rekapitulasi," sambung dia.

Prabowo kemudian mengajak seluruh pendukung dan jajaran koalisi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, untuk bersyukur atas kemenangan yang diperolehnya. Namun tidak merayakan kemenangan perjuangan politik dengan jumawa, karena menurutnya saatnya untuk merekatkan hubungan seperti sedia kala seperti yang disampaikan oleh calon presiden petahana Joko Widodo.

Baca juga: