UNTUK INDONESIA
Tiga Kecamatan Kabupaten Serang Rawan Konflik Pilkada
Tiga kecamatan di Kabupaten Serang yakni Kramatwatu, Ciruas dan Cikande disinyalir rawan konflik pilkada.
Ilustrasi Pilkada Kabupaten Serang 2020. (Foto: Tagar/Istimewa)

Serang - Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Serang mengatakan, sedikitnya ada tiga Kecamatan yang perlu diwaspadai karena dinilai sangat rawan konflik politik dalam perhelatan Pilkada 2020. Ketiga kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Ciruas, Kramatwatu dan terakhir Cikande.

Kami berbicara secara global, artinya tidak ada keberpihakan, tapi lain-lain mah insyaallah Kabupaten Serang masih normatif.

"Ketiga Kecamatan tersebut merupakan daerah dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sangat tinggi," ucap Kepala Sub-Bagian Poldagri Kesbangpol Dikdik Abdul Hamid, Rabu, 7 Oktober 2020.

Selain itu, kata dia, masyarakatnya sudah heterogen, dikarenakan banyaknya pendatang yang sudah menetap dengan pekerjaannya. Abdul mengatakan, pada saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2019, ada beberapa kasus yang diteruskan sampai ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Berarti itu diindikasikan oleh kami rawan konflik," ujarnya.

, dan keterlibatan beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkup politik praktis.Belum lagi, kata dia, saat Pemilihan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, masih banyak ditemukan bentuk-bentuk money politics, dan keterlibatan beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkup politik praktis.

Namun, kata dia, meski diindikasikan rawan konflik, wilayahnya masih tetap terjaga dan kondusif.

"Kami berbicara secara global, artinya tidak ada keberpihakan, tapi lain-lain mah insyaallah Kabupaten Serang masih normatif. Setiap ada pilkada, pilpres segala macam, di kami belum pernah sampai ada yang bentrok fisik," katanya.

Meski demikian, kata dia, Kesbangpol mempunyai tugas berat untuk berupaya melakukan antisipasi kerawanan tersebut. Salah satunya dengan mengedukasi dan sosialisasi kepada seluruh elemen yang terlibat di pilkada, khususnya bagi masyarakat.

"Imbauan kami kepada masyarakat silakan baju berbeda, hati berbeda, tapi tujuannya satu untuk pembangunan Kabupaten Serang, menjaga stabilitas keamanan Kabupaten Serang," ucapnya.[]

Berita terkait
Wah, Kabupaten Serang Banten Balik Lagi ke Zona Merah
Pemprov Banten memastikan saat ini masih ada dua wilayah di Banten yang berstatus zona merah yaitu Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.
Wali Kota Serang Dorong UMKM Gunakan Teknologi Digital
Wali kota Serang Syafrudin mengatakan pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran.
Pemkab Serang Salurkan Bantuan untuk Isolasi Mandiri
Dinsos Kabupaten Serang menyalurkan bantuan kepada warga korban Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri.
0
Ma'ruf Amin: Pesantren Harus Jadi Pusat Pemberdayaan Ekonomi
Wakil Presiden, Maruf Amin ingin mengembangkan pesantren di Tanah Air menjadi pusat pemberdayaan ekonomi.