UNTUK INDONESIA
Tiga Ajang Pencari Bakat Bulu Tangkis Selain PB Djarum
Selain PB Djarum, ada tiga perkumpulan bulu tangkis yang melakukan penjaringan terhadap anak-anak berprestasi.
Anak-anak mengikuti Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 PB Djarum di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu, 8 September 2019. (Foto: Antara/Idhad Zakaria)

Jakarta - Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis yang diselenggarakan PB Djarum terpaksa berhenti. Karena, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menganggap apa yang dilaksanakan Djarum merupakan eksploitasi terhadap anak.

Lantas, bagaimana nasib anak-anak yang begitu mengharapkan bantuan beasiswa yang tiap tahun dilaksanakan oleh PB Djarum? Apakah akan berhenti sampai disitu.

Ternyata, selain Djarum masih banyak Perkumpulan Bulutangkis (PB) yang pernah melakukan hal yang sama, yaitu berbagi beasiwa terhadap pebulu tangkis yang di nilai berhak mendapatkan bantuan. Seperti berikut.

1. PB Mutiara Cardinal

PB Mutiara CardinalPB Mutiara Cardinal saat melakukan penjaringan.(Foto: Istimewa)

Pada 14-20 Januari 2018 lalu, pemilik PB Mutiara Cardinal Bandung Tony Tjahjadi menggelar audisi penerimaan murid baru di perkumpulan bulu tangkis miliknya.

Bukan hanya kali pertama saja, ternyata pengusaha textile ini sejak 2008 silam selalu menggendakan pemerimaan murid tiap tahunnya. Mulai dari Batam, Medan, Palembang, Pekanbaru, Denpasa, Kotamobagu, Bontang, Bengkulu, juga kota-kota yang aja di Pulau Jawa pun ikut meramaikan pencarian bakat itu.

"Kami tidak menyangka mereka yang berminat mengikuti audisi ternyata semakin banyak. Untuk tahun ini tercatat 508 atlet yang datang untuk mengikuti audisi. Ini rekor terbanyak sejak pertama kali digelar tahun 2008," ungkap Tony Tjahjadi Februari 2018.

Setelah empat hari berkompetisi akhirnya terjaring sebanyak 72 atlet yang masuk dalam karantina selama tiga hari. Akhirnya di hari ketujuh para pelatih pun memilih 47 atlet yang diterima menjadi murid PB.Mutiara Cardinal.

2. MILO School Competition

MILO School CompetitionMILO School Competition saat memenangkan pertandingan. (Foto: Istimewa)

Perusahaan Nestle Indonesia, yang bergerak dalam bidang makan dan minuman pernah melaksanakan kompetisi bulutangkis satu-satunya antar pelajar SD dan SMP.

Di tahun 2011, Nestle mencanangkan Milo School Competition dengan mengundang 3.500 pelajar dari 5 kota yakni, Jakarta, Batam, Gresik, Samarinda dan Pontianak, untuk memperebutkan Piala Taufik Hidayat sebagai piala bergilir sejak 2006.

Sejumlah atlet nasional yang pernah berlaga di berbagai sirkuit maupun kejuaraan internasional pernah tercatat sebagai juara MILO School Competition, seperti Tommy Sugiarto (juara 2003) dan Febby Angguni (juara 2004).

Sementara juara dunia tunggal putra 2005, Taufik Hidayat yang juga Duta MILO School Competition.

Kompetisi ini merupakan bukti komitmen jangka panjang Nestle Indonesia dalam turut memajukan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

3. Daihatsu Astec Open 2019

Daihatsu Astec OpenDaihatsu Astec Open melakukan penjaringan pada september 2019. (Foto: Istimewa)

Daihatsu bekerjasama dengan Alan & Susy Technology (ASTEC) melakukan penjaringan pebulutangkis masa depan melalui Daihatsu Astec Open 2019 di GOR Dafest, Makassar pada 10-14 September mendatang.

Pertandingan yang sudah berlangsung sejak 2016, ini keempat kalinya mereka melaksanakannya. Namun, untuk saat ini lebih menarik lagi karena peningkatan level turnamen menjadi tingkat internasional, yakni Badminton Asia Confederation (BAC) di 5 Kota, dan Sirkuit Nasional B di 2 kota.

Tak hanya itu, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) juga ikut andil dalam mencari bibit pemain muda berbakat dari 7 kota di Indonesia. Yakni, Medan, Balikpapan, Bandung dan Yogyakarta, Makassar, Surabaya dan Jakarta. []

Berita terkait
Ganjar Dorong PB Djarum Tetap Audisi Bulu Tangkis
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendorong Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis tetap berjalan setiap tahunnya.
Kronologi Pemberhentian Audisi Bulu Tangkis PB Djarum
Meskipun audisi pencarian bakat PB Djarum tidak akan ada lagi pada 2020. Poppy Rosimin mengatakan PB Djarum akan tetap berjalan.
Liem Swie King dan Sederet Atlet Dunia Hasil PB Djarum
PB Djarum resmi menghentikan Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis tahun 2020. Dari sejarahnya, PB Djarum melahirkan sederet atlet kelas dunia.
0
Alasan Driver Ojol Aksi Mogok Makan di Yogyakarta
Sejumlah driver ojek online (ojol) dari Go Car dan Grab Car menggelar aksi mogok makan sejak Selasa, 22 Oktober 2019.