Tidak Liburan, Ganjar Malah Semangati Pasien Covid Semarang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberi semangat ke puluhan pasien Covid-19 yang tengah dirawat di rumah dinas Wali Kota Semarang.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyapa dan memberi semangat ke puluhan pasien Covid-19 yang tengah menjalani perawatan di rumah dinas Wali Kota Semarang, Jumat, 30 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Humas Pemprov Jateng)

Semarang - Di saat sebagian besar masyarakat dan pejabat publik menikmati masa libur long weekend pekan ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lebih memilih untuk tetap melayani warganya. Ia mendatangi rumah dinas Wali Kota Semarang guna memberi semangat pasien Covid-19. 

Kehadiran Ganjar pada Jumat pagi, 30 Oktober 2020, mengejutkan puluhan pasien yang tengah istirahat usai menjalankan senam pagi di halaman rumah dinas wali kota. Tak hanya pasien, petugas medis yang tengah bertugas juga dibikin kaget. 

"Selamat pagi Bapak Gubernur, Bapak Ganjar Pranowo. Saya kaget Pak, tak kiro sopo (saya kira siapa). Terima kasih Bapak Ganjar Pranowo, mau berkunjung ke sini," ucap seorang petugas medis lewat pengeras suara yang habis digunakan untuk senam pagi. 

Sontak ketika mengetahui kehadiran orang nomor satu di Jawa Tengah itu, puluhan pasien yang tengah duduk istirahat langsung menoleh dan memberi aplaus tepuk tangan. Ganjar pun merespons dengan lambaian tangan. 

Selanjutnya, dengan masih mengenakan atribut gowesnya, lengkap dengan masker, Ganjar menyapa mereka. “Gimana kabarnya teman-teman, sehat?” teriak Ganjar disambut jawaban kompak kabar baik dari para pasien.

Teman-teman, tolong selalu jaga jarak, pakai masker. Cuci tangan pakai sabun, jaga pola makannya, selalu berolahraga dan tolong tetap di rumah aja.

Tanpa canggung atau khawatir tertular karena memperhatikan physical distancing, Ganjar berinteraksi dengan para pasien tersebut. Ganjar bertanya, mulai dari kondisi terkini para pasien hingga bagaimana mereka menjalani perawatan di rumah dinas, salah satu tempat karantina pasien corona di Semarang. 

“Siapa di sini yang masih batuk-batuk?” tanya Ganjar.

Sejumlah pasien yang duduk lesehan dan berjarak serta mengenakan masker itu mengacungkan tangan. Ganjar pun mendoakan agar kondisi kesehatan mereka lekas membaik dan sembuh dari Covid-19.

Gaya khas candaan dari Ganjar selama obrolan ternyata cukup ampuh membuat puluhan pasien tertawa. Beberapa saat bercanda, perhatian Ganjar teralihkan oleh sosok pasien remaja yang duduk tak jauh dari hadapannya. 

Ganjar kemudian membuka percakapan dan diketahui jika pasien remaja itu adalah siswa kelas X salah satu SMK negeri di Kota Semarang.

“Kamu yang dirasain apa sekarang? Batuk? Sesak Nafas?” ucap Ganjar.

“Enggak Pak, cuma waktu itu panas aja, sekeluarga,” jawab remaja tersebut.

Ganjar terkejut. Dia heran kenapa bisa sekeluarga kompak terkena Covid-19. Namun ketika hal itu ditanyakan ke pasien, yang bersangkutan maupun kedua orangtuanya yang juga dirawat di situ, mengaku tak tahu tertular di mana.

“Kami enggak tahu Pak tertular di mana, tahu-tahu panas semua sekeluarga. Di tes ke puskesmas ternyata positif,” ucap ayah dari remaja tersebut.

Baca juga: 

Ganjar kemudian mendoakan agar mereka segera sembuh dan bisa pulang kembali ke rumah. Di saat yang sama, Ganjar juga meminta pada remaja tersebut untuk memberikan pesan pada masyarakat melalui vlog.

“Coba kamu sampaikan ke temen-temen di luar sana, harus bagaimana selama covid ini supaya tidak tertular,” kata Ganjar.

“Teman-teman, tolong selalu jaga jarak, pakai masker. Cuci tangan pakai sabun, jaga pola makannya, selalu berolahraga dan tolong tetap di rumah aja,” kata remaja tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga berpesan pada para pasien untuk turut serta berkampanye. Mengimbau masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan, sehingga rantai penularan Covid-19 bisa diputus.

“Saya pamit dulu, Sehat-sehat ya semuanya, cepat sembuh dan kumpul keluarga lagi,” pungkas Ganjar mengakhiri kunjungannya. 

Berita terkait
Pesan Manja 'Tamara Jalan Raya' Semarang di Ultah Ganjar
Tamara Jalan Raya, artis lokal fenomenal di Semarang memberi ucapan selamat ulang tahun ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Bikin Haru, Kado Eks Anak Buah Noordin M Top untuk Ganjar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat kado istimewa dari eks anak buah Noordin M Top di ultahnya. Apa isi kado yang bikin haru tersebut?
Libur Long Weekend, Ganjar: Perketat Prokes di Tempat Wisata
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pengelola wisata memperketat penerapan protokol kesehatan guna menghadapi libur long weekend.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.