Terawan Dipetisi Ribuan Orang, Jokowi Diminta Ganti Menkes

Menkes Terawan Agus Putranto dipetisi ribuan orang. Presiden Jokowi didorong mengganti Terawan dengan sosok yang lebih memiliki kapabilitas.
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. (Foto: Tagar/Adi)

Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dipetisi ribuan orang. Petisi itu berisi dorongan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengganti Terawan dengan sosok yang lebih memiliki kapabilitas dalam mengemban jabatan.

Hingga Sabtu, 3 Oktober 2020, pukul 22.05 WIB, petisi online yang dibuat tiga hari lalu di laman Change.org tersebut sudah ditandatangani oleh lebih dari 5.000 warganet.

Apakah kita harus menggantungkan nyawa dan nasib ratusan juta masyarakat Indonesia kepada Menkes seperti itu?

Adapun petisi online itu dibikin oleh Koalisi untuk Indonesia Bebas Covid-19 yang terdiri dari JALA PRT, buruh Supinah, Presiden UIN Jakarta Sultan Rivandi, dan Ketua BEM UI Manik Marganamahendra, dan Irma Hidayana dari LaporCovid19.

Dalam petisi tersebut, tertulis Terawan sudah gagal menjalankan tugasnya sebagai Menteri Kesehatan. Ia dinilai menganggap enteng sejak awal Covid-19 muncul di Wuhan China hingga menjadi pandemi.

"Sudah bulan keenam pandemi Covid-19 di Indonesia. Bukannya membaik, situasinya justru makin parah. Salah satunya karena penanganan Covid-19 yang buruk. Saat ini pun ia tidak mampu menyelesaikan masalah-masalah seperti perlindungan tenaga kesehatan dan menekan angka penyebaran Covid-19," tulis para pengusul petisi.

Kasus baru dan aktif terus bertambah setiap harinya, menjadikan Indonesia duduk di peringkat ke-13 dunia. Bahkan, untuk peningkatan kasus baru dan korban meninggal harian, Indonesia ada di urutan kedua di dunia. Angka kematian tenaga kesehatan pun mencapai lebih dari 200 nakes, menjadi salah satu negara dengan kematian nakes yang paling tinggi.

"Publik sudah banyak yang meminta pertanggungjawaban kepada Menkes Terawan. Namun beliau sering menghilang. Dan membiarkan publik melawan virus Corona sendiri. Publik makin tak percaya kecakapan Menkes dalam mengatasi wabah," tulis mereka.

"Apakah kita harus menggantungkan nyawa dan nasib ratusan juta masyarakat Indonesia kepada Menkes seperti itu?" sambungnya.

Para pengusul petisi kemudian membandingkan Menteri Kesehatan dari 8 negara yang telah mengundurkan diri karena sadar gagal menangani penyebaran virus corona di negaranya.

"Alangkah terhormatnya, jika Bapak Terawan juga mengikuti koleganya di luar negeri dengan mundur sebagai Menteri Kesehatan karena telah gagal menjalankan tugasnya," tulis petisi tersebut.

Menurut pengusul petisi, beberapa kali masyarakat meminta Terawan secara sadar untuk mundur. Namun, kata mereka, desakan publik ini tidak pernah dipandang serius oleh yang bersangkutan. "Oleh karena itu kami juga meminta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mencopot Terawan sebagai Menteri Kesehatan dan menggantinya dengan figur lain yang lebih kompeten," tutur petisi. 

Berita terkait
Sudah Saatnya Presiden Jokowi Evaluasi Menkes Terawan
Pengamat Politik Karyono Wibowo menyarankan Presiden Jokowi mengevaluasi kinerja Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.
Erick Thohir Jual Obat Avigan Rp 20 Ribu, Apa Manfaatnya?
Manfaat lengkap obat Avigan yang akan dijual Menteri BUMN Erick Thorir seharga Rp 20 ribu.
Jokowi: Vaksin Corona Insya Allah Desember atau Januari
Presiden Jokowi yakin vaksin virus corona sudah dapat disuntikkan kepada masyarakat pada bulan Desember 2020 atau Januari 2021.
0
Kemendikbud: Pancasila Matpel Wajib SD - Perguruan Tinggi
Kemendikbudristek mengatakan Pancasila akan menjadi mata pelajaran wajib dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi dengan penerapan yang mudah.