Terapkan 5 Langkah Ini Saat Memulai Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup banyak digandrungi saat ini. Jika sudah yakin dengan bisnis yang dimulai terap langkah ini.
Ilustrasi - Bahan makanan untuk menu dari bisnis kuliner. (Foto: Tagar/Unsplash/Andy Chilton)

Jakarta – Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup banyak digandrungi saat ini, khususnya untuk mereka para pemula. Meskipun terlihat mudah dalam memulainya, ada beberapa tahapan yang sebenarnya tidak bisa untuk dilewati.

Memulai bisnis juga tak bisa dilakukan secara sembarangan, karena bisnis sendiri memerlukan pemahaman dan pembelajaran khusus agar tidak kesulitan di kemudian hari. Jika sudah yakin dengan bisnis yang akan dimulai, kamu bisa terapkan 5 langkah ini.


1. Tetapkan target pasar

Saat ini, kamu bisa memulai bisnis dengan mempertimbangkan target pasar. Dengan melakukan survei guna mengetahui tren dan minat masyarakat saat ini dan diimbangi dengan persaingan di antara target yang ditentukan, kamu bisa menentukan langkah panjang ke depannya.


2. Tentukan modal awal

Setelah yakin dengan target dan tujuan dari bisnis kuliner mu, tentukan modal awal yang akan kamu keluarkan guna mengembangkan bisnismu. Dengan menentukan modal awal, kamu bisa menyisakan uang untuk jadi modal tambahan di kemudian hari.


3. Buat menu sesuai target

Jika kamu sudah menetapkan target pasar dan modal awal, kamu sudah bisa menentukan arah dari bisnis kuliner yang akan dikembangkan. 

Jika targetnya adalah anak muda yang gemar nongkrong di café, kamu bisa membuat bisnis kuliner berupa cake shop atau sesuatu yang dipadupadankan dengan kopi.


4. Pilih lokasi strategis

Dengan memilih lokasi yang strategis, kamu bisa mendapatkan peluang lebih besar dalam memasuki pasar. Ditambah dengan konsep untuk toko mu yang bisa kamu buat secara menarik, tanpa sadar kamu akan menarik minat masyarakat sedikit demi sedikit untuk datang.

Selain dijadikan tempat pemberhentian sementara bagi mereka yang melalui tokomu jika berada di lokasi yang strategis, masyarakat yang menyukai menu makanan yang dihadirkan juga akan membuat pelanggan datang terus-menerus.


5. Gencarkan promosi

Melakukan promosi memang sudah menjadi hal yang pasti dalam melakukan bisnis. Tanpa melakukan promosi, usahamu tidak akan bisa berkembang dengan pesat dan akan berhenti di satu titik saja.

Promosi juga akan sangat membantu dalam meluaskan pasar dan jika beruntung, target pasarmu bisa menjadi lebih luas dari yang sudah kamu tentukan di awal. Seperti banyak kuliner yang sering tren saat ini, ciptakan pasar baru untuk bisnis kuliner mu.

(Rana Maheswari Ummairah)


Berita terkait
Tips Untuk Memahami Konsumen Bisnis Minuman
Kamu bisa melakukan riset untuk membantu diri kamu mengetahui apa yang konsumen suka atau tidak.
Tips Bangun Bisnis Kekinian yang Wajib Kamu Ketahui
Setidaknya rencana ini akan menjadi patokan kamu dalam melakukan semua kegiatan bisnis kamu nantinya.
Tips Mengembangkan Bisnis Desain Grafis
Banyak desainer grafis menjadi pekerja lepas yang mendapat pemasukan tergantung pemesanan.
0
Terapkan 5 Langkah Ini Saat Memulai Bisnis Kuliner
Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup banyak digandrungi saat ini. Jika sudah yakin dengan bisnis yang dimulai terap langkah ini.