Indonesia
Target PKS Riau di Pilkada 2020
Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Provinsi Riau menyatakan optimis menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 2020.
DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diprioritaskan kader terbaik. (Foto: Antara/Fazar Muhardi)

Jakarta - Bendahara PKS Riau Markarius Anwar di Pekanbaru mengatakan, optimis menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 2020. Sesuai dengan arahan DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diprioritaskan kader terbaik untuk maju di Pilkada 2020. 

"Hasil pileg lalu PKS berhasil mendapatkan kursi dua kali lipat. Apalagi, di Kabupaten Bengkalis dan Kota Pekanbaru dapat pimpinan DPRD. Sehingga kita cukup optimis mengusung kader sendiri di daerah-daerah yang potensial," kata Markarius dikutip Antara, Kamis, 27 Juni 2019.

Meskipun akan mengusung kader internal, pihaknya tetap akan melakukan lobi-lobi dengan partai politik (parpol) lain karena setiap parpol tidak bisa menjadi perahu tunggal bagi bakal calon kepala daerah.

"Karena kita tidak mungkin maju sendiri, DPC di daerah juga ditugaskan untuk berkomunikasi dengan parpol lain," ucap Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Riau itu.

Pilkada 2020 di Provinsi Riau akan berlangsung di sembilan daerah yakni Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Kabupaten Siak dan Kota Dumai.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Riau menyebutkan berdasarkan rekapitulasi internal partai, perolehan suara PKS tertinggi di Riau dengan capaian sekitar 21 persen suara.

PKS diperkirakan kebagian lima kursi untuk DPR RI dapil Riau dan 14 kursi untuk DPRD Provinsi Riau. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Wiranto Ungkap Hubungan Khofifah dengan Gubernur Papua
Wiranto menjelaskan isi percakapan Khofifah dengan Gubernur Papua Lucas Enembe terkait penggerudukan yang berujung kericuhan di Manokwari.