UNTUK INDONESIA
Tanpa Amido Balde, Persebaya Tetap Berbahaya
PSS tetap mewaspadai Persebaya yang tidak diperkuat Amido Balde dalam pertandingan Liga 1, Sabtu 13 Juli 2019.
PSS tetap mewaspadai Persebaya yang tidak diperkuat Amido Balde (kiri) dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu 13 Juli 2019. (Foto: persebaya surabaya)

Sleman - Kualitas pemain Persebaya Surabaya hampir merata, baik di tim inti maupun cadangan. Meski striker dari tim berjuluk Bajul Ijo, Amido Balde, absen saat melawan PSS Sleman, mereka tetap memiliki variasi serangan yang berbahaya.

Hal tersebut diungkapkan pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro saat menjamu Persebaya di Stadion Maguwoharjo yang digelar Sabtu, 13 Juli 2019. Menurut Seto kualitas pemain Persebaya tak hanya merata namun level mereka di atas dari pemain PSS.

Balde memang tak dibawa Persebaya. Pemain yang sudah menyumbang empat gol bersama Persebaya ini diketahui sedang mengalami gangguan pencernaan. Dirinya sudah tidak dimainkan saat melawan Barito Putera yang mampu menahan Persebaya 2-2 di Surabaya.

Posisi Alfonso sudah ada yang menggantikan. Untuk pemain sayap yang menggantikan Rangga juga sudah disiapkan. Tak masalah dengan absennya mereka karena ada beberapa pemain yang siap menggantikannya

"Kualitas pemain Persebaya lebih merata. Absennya Balde mungkin ada pengaruhnya. Tapi menurut saya, Balde bisa mencetak gol karena mendapat assist (dalam proses mencetak gol) itu yang penting. Kami harus hentikan assist yang menjadikan pemain depan Persebaya bisa mencetak gol," kata Seto.

Di laga tersebut, PSS kehilangan bek andalan Alfonso de la Cruz dan pemain sayap Rangga Muslim. Keduanya tidak bisa dimainkan karena harus menjalani sanksi akumulasi kartu kuning.

Beberapa pemain telah disiapkan untuk mengganti peran mereka. Di posisi belakang, ia masih punya stok seperti Purwaka Yudhi, Asyraq Gufron, dan Ikhwan Ciptadi. 

Absennya bek Alfonso bisa menjadi pukulan bagi PSS. Pemain asal Spanyol ini telah mengukuhkan sebagai bek andalan Laskar Elang Jawa. Namun Seto optimistis beberapa pemain bisa menggantikan Alfonso.

Beberapa pemain telah disiapkan untuk mengganti peran mereka. Di posisi belakang, ia masih punya stok seperti Purwaka Yudhi, Asyraq Gufron, dan Ikhwan Ciptadi. 

"Posisi Alfonso sudah ada yang menggantikan. Untuk pemain sayap yang menggantikan Rangga juga sudah disiapkan. Tak masalah dengan absennya mereka karena ada beberapa pemain yang siap menggantikannya," ujar dia.

Seto juga menyebut kemenangan 2-0 saat melawan Kalteng Putra pada laga sebelumnya bisa menjadi modal penting. "Hasil positif  bisa menjadi modal lebih bagi pemain," tuturnya.

PSS sementara ini berada di peringkat delapan klasemen Liga 1. Dari enam laga yang dilaluinya, mereka mengantongi delapan poin. Sedangkan Persebaya di posisi empat, dengan 12 poin dari tujuh laga.

Kapten PSS, Bagus Nirwanto menuturkan target tiga poin harus tercapai karena bermain di kandang sendiri. "Kami akan berusahn maksimal mendapatkan tiga poin di kandang," katanya. []

Berita terkait
0
Titik Balik Denny Siregar
Denny Siregar, influencer paling berpengaruh di media sosial Indonesia ini mengungkap sisi-sisi paling pribadi dalam hidupnya. Simak wawancaranya.