UNTUK INDONESIA

Tanpa 20 Pemain dan Mancini, Italia Taklukkan Polandia

Italia kehilangan 20 pemain karena cedera atau terpapar Covid-19, termasuk pelatih Roberto Mancini, saat lawan Polandia. Namun Italia bisa menang.
Italia yang kehilangan 20 pemain dan tidak didampingi pelatih Roberto Mancini menaklukkan Polandia 2-0 di pertandingan UEFA Nations League di Stadion MAPEI, Senin, 16 November 2020 dini hari WIB. Tampak pemain Italia merayakan gol di laga itu. (Foto: Tagar/Twitter/azzurri)

Jakarta - Italia kehilangan tidak kurang 20 pemain karena cedera atau terpapar Covid-19. Pelatih Roberto Mancini pun harus menjalani karantina karena belum sembuh dari virus itu. Namun Italia mampu menaklukkan Polandia 2-0 di pertandingan UEFA Nations League di Stadion MAPEI, Senin, 16 November 2020 dini hari WIB. 

Kondisi skuat Italia memang jauh dari ideal saat menjamu Polandia dalam duel Liga A Grup 1. Hampir semua pemain, termasuk duo bek tengah Juventus, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci tidak bisa memperkuat Gli Azzurri

Striker Lazio Ciro Immobile baru sembuh dari Covid-19. Klub tetap menolak melepas Immobile ke timnas karena masih dalam proses pemulihan.  

Tanpa Mancini, asisten pelatih Alberigo Evani kembali mendampingi juara dunia 4 kali ini saat menghadapi Polandia. Evani sesungguhnya telah melewati ujian saat Italia menang telak 4-0 atas Estonia di laga uji coba. 

Namun kali ini mereka menghadapi Polandia yang memiliki duo mesin gol, Robert Lewandowski dan Arkadiusz Milik. Di bawah mistar ada Wojciech Szczesny, kiper andalan Juve. 

Polandia juga bertengger di puncak klasemen meski kemudian digeser Belanda yang mengalahkan Bosnia-Herzegovina 3-1. Ini menjadikan tim tamu tak bisa dianggap remeh. 

Italia Mampu Bermain Efektif dan Efisien

Hanya, Italia di luar dugaan justru bermain efektif dan efisien. Menurut Football Italia, pemain menjalankan instruksi Evani dengan sangat baik. 

Bahkan saat laga baru berjalan 7 menit, gelandang Lorenzo Insigne sudah membobol gawang Polandia. Hanya, gol pemain Napoli ini dianulir karena rekannya Andrea Belotti berada di posisi. Tak hanya itu, Belotti dinilai menghalang-halangi pergerakan Szczesny.

Italia kalahkan PolandiaPemain Italia Emerson dan Alessandro Bastoni saat membayangi striker Polandia Robert Lewandowski di pertandingan UEFA Nations League di Stadion MAPEI, Senin, 16 November 2020 dini hari WIB. Italia menang 2-0 di laga itu. (Foto: Tagar/Twitter/azzurri)

Polandia sedikit diuntungkan saat Lewandowski sempat menyikut Alessandro Bastoni. Namun insiden itu dibiarkan wasit. Insiden itu juga tak ditinjau lewat VAR meski striker Bayern Munich jelas melakukan pelanggaran. 

Tak lama kemudian, Italia mendapat hadiah penalti setelah Grzegorz Krychowiak menjatuhkan Belotti. Penalti dituntaskan dengan baik oleh Jorginho di menit 27. Eksekusi dia mampu mengecoh Szczesny yang bergerak ke arah berbeda. 

Unggul 1-0, Italia tetap mendominasi. Penguasaan bola La Nazionale jauh lebih baik ketimbang Polandia. Hanya mereka kesulitan membongkar pertahanan lawan.

Posisi Italia sesungguhnya kian di atas angin setelah Polandia kehilangan seorang pemain, Jacek Goralski, di menit 77. Dirinya dikartu merah setelah menerima kartu kuning ke-2. 

Keunggulan dalam jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh Italia. Terbukti mereka berhasil menambah gol melalui Domenico Berardi di menit 83. Skor berubah menjadi 2-0 dan bertahan sampai akhir laga.

Baca juga: 

Jadwal Laga Uji Coba: Wajah Baru Italia, Belanda Vs Spanyol

Italia Target Belanda, Mancini Siapkan Immobile

Kemenangan itu menjadikan Italia merebut posisi puncak dengan poin 9. Unggul satu poin dari Belanda yang turun ke peringkat 2. Sementara, Polandia yang memiliki poin 7 berada di posisi 3. 

Polandia masih berpeluang lolos ke semifinal bila di laga terakhir mengalahkan Belanda dan berharap Italia kalah saat lawan Bosnia-Herzegovina. Sedangkan Italia harus menang pula untuk meraih tiket ke semifinal. []

Berita terkait
Belanda Vs Bosnia dan Herzegovina, Menang dan Saingi Italia
Belanda mengalahkan Bosnia dan Herzogovina sehingga merebut puncak klasemen Liga A Grup 1 UEFA Nations League. Namun mereka kembali digeser Italia.
Italia dan Jerman Berebut Unggulan di Kualifikasi PD 2022
Italia bersaing dengan Jerman dan Belanda untuk menjadi unggulan di undian kualifikasi Piala Dunia 2022. Penentuannya di laga UEFA Nations League.
Menangkan Azzurri di Uji Coba, Grifo: Saya 100 Persen Italia
Tim eksperimen Italia menunjukkan permainan terbaik saat mengalahkan Estonia di pertandingan uji coba. Di laga itu, Vincenzo Grifo mencetak brace.
0
Tanpa 20 Pemain dan Mancini, Italia Taklukkan Polandia
Italia kehilangan 20 pemain karena cedera atau terpapar Covid-19, termasuk pelatih Roberto Mancini, saat lawan Polandia. Namun Italia bisa menang.