Belanda Vs Bosnia dan Herzegovina, Menang dan Saingi Italia

Belanda mengalahkan Bosnia dan Herzogovina sehingga merebut puncak klasemen Liga A Grup 1 UEFA Nations League. Namun mereka kembali digeser Italia.
Belanda menghajar Bosnia-Herzegovina 3-1 di pertandingan UEFA Nations League di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Senin, 16 November 2020 dini hari WIB. Tampak kapten Georginio Wijnaldum merayakan gol yang dicetaknya di laga itu. (Foto: Tagar/Twitter/OnsOranje)

Jakarta - Belanda bersaing ketat dengan Italia memperebutkan posisi puncak klasemen Liga A Grup 1 UEFA Nations League. Belanda sempat mengambi alih tahta klasemen usai menghajar Bosnia-Herzegovina 3-1 di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Senin, 16 November 2020 dini hari WIB. 

Italia merebut kembali posisi puncak setelah menaklukkan Polandia 2-0. Hasil itu menjadikan Gli Azzurri mengumpulkan poin 9. Sedangkan Belanda kembali turun ke peringkat 2 dengan poin 8. 

Nasib ke-2 tim ditentukan di laga pamungkas grup tersebut. Belanda melakoni laga tandang melawan Polandia yang masih berpeluang merebut tiket ke semifinal Nations League. 

Harus diakui Liga A memang terlalu berat bagi kami untuk saat ini. Kami sudah melakukan yang terbaik, namun tak mudah untuk meraih poin

Hanya, Polandia harus mengalahkan Belanda dan berharap Italia kalah dari Bosnia. Polandia sendiri menduduki peringkat 3 dengan poin 7. 

"Setelah 5 pertandingan, kami akhirnya bisa menang. Kami tentu merasa senang mampu meraih kemenangan," kata gelandang Georginio Wijnaldum seperti dikutip laman UEFA. 

"Kami sesungguhnya berpeluang menang saat melawan Spanyol. Namun kami gagal melakukannya. Ini membuat kami frustrasi," ucap pemain Liverpool itu. 

Sementara, gelandang Miralem Pjanic mengaku kecewa dengan kekalahan itu. Apalagi, kegagalan meraih poin menjadikan Bosnia terdegradasi ke Liga B. 

"Harus diakui Liga A memang terlalu berat bagi kami untuk saat ini. Kami sudah melakukan yang terbaik, namun tak mudah untuk meraih poin. Kini kami fokus pada laga terakhir melawan Italia dan ingin menang karena bermain di kandang sendiri," ucap gelandang Barcelona ini. 

Kemenangan yang Berarti Bagi Belanda

Kemenangan atas Bosnia menjadi berarti bagi Belanda setelah kehilangan poin pada 2 laga terakhir Nations League. Sebelumnya mereka hanya bermain imbang 0-0 saat menghadapi lawan sama dan ditahan Italia 1-1. 

Bagi pelatih Frank de Boer ini merupakan kemenangan pertama sejak menangani tim menggantikan Ronald Koeman yang direkrut Barca. Sebelumnya dari 5 laga pertama di berbagai kompetisi, Belanda belum pernah menang. 

Tampil di kandang sendiri, Wijnaldum yang menjadi kapten menggantikan Virgil van Dijk, koleganya di Liverpool, mencetak brace. Gelandang Liverpool ini membuka kemenangan Belanda saat laga baru berjalan 6 menit. 

Gol berawal dari serangan Belanda yang diakhiri oleh Denzel Dumfries. Dirinya kemudian melepaskan umpan yang dituntaskan dengan baik oleh Wijnaldum. 

Juara Piala Eropa 1988 ini hanya butuh 7 menit untuk memperbesar keunggulannya. Wijnaldum mencetak gol ke-2 di laga tersebut. Dia menyelesaikan umpan dari Steven Berghuis untuk menaklukkan kiper Ibrahim Sehic.

Belanda kian tak terbendung. Tuan rumah sempat menambah gol di menit 28. Gol dihasilkan striker Luuk de Jong yang menyelesaikan umpan Berghuis. Namun gol dianulir karena dia dinilai offside. Hanya dalam tayangan ulang terlihat penyerang Sevilla itu tidak melakukan pelanggaran. Skor 2-0 untuk Belanda bertahan sampai akhir babak pertama. 

Baca juga:

Gagal Taklukkan Belanda, Italia Dilengserkan Polandia

Belanda Menang di Nations League, Koeman Ikut Senang

Di babak ke-2, Belanda tetap bermain ofensif. Hasilnya, mereka tak butuh lama memperbesar keunggulan. Kali ini, striker Memphis Depay yang mencetak gol di menit 55. Penyerang Lyon ini menyelesaikan umpan matang dari Dumfries yang sempat melewati hadangan bek Sead Kolasinac. 

Bosnia hanya bisa memperkecil kekalahan ketika Smail Prevljak memanfaatkan umpan Edin Visca di meit 63. Skor berubah menjadi 3-1 dan bertahan sampai akhir laga. []

Berita terkait
Ditahan Belanda, Pelatih Spanyol Mengeluh Susah Cetak Gol
Spanyol gagal memenangkan laga uji coba usai ditahan Belanda 1-1. Pelatih Spanyol Luis Enrique mengeluh kian sulit cetak gol di pertandingan Eropa.
Jadwal Laga Uji Coba: Wajah Baru Italia, Belanda Vs Spanyol
Italia tampil dengan wajah baru saat uji coba lawan Estonia. Kapten Spanyol Sergio Ramos bakal samai rekor kiper Gianluigi Buffon bila dimainkan.
Gagal Kalahkan Belanda, Kiper Italia Punya Target Baru
Kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma tak kecewa Italia gagal kalahkan Belanda di UEFA Nations League. Dia siapkan target baru untuk 2 laga terakhir.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan