UNTUK INDONESIA

Tanggapan Anies soal Pengemis yang Ditemui Mensos Risma

Tanggapan Anies Baswedan soal penemuan seorang pengemis di Jl.Sudirman Thamrin, Jakarta.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Tagar/Instagram)

Jakarta - Anies Basweda selaku Gubernur DKI Jakarta melakukan permintaan kepada dinas sosial (Dinsos), mengenai pengemis yang telah ditemukan oleh menteri sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Permintaan Anies adalah melakukan cek ulang identitas para pengemis yang telah ditemui Mensos. Pengemis yang diperiksa identitasnya, diinformasikan berasal dari daerah Sudirman-Thamrin, DKI Jakarta.

“Pak Gubernur langsung perintahkan kepada Kadinsos untuk mengecek siapa orangnya, kenapa ada di situ,” ujar Riza Wakil Gubernur DKI Jakarta, Balai Kota Jakarta, Rabu, 6 Januari 2021.

Terkait temuan pengemis oleh menteri sosial Risma, Riza patria mengungkapkan bahwa dirinya kaget dengan keberadaan pengemis itu, ditambah pengemis tersebut tidak memiliki rumah tinggal.

Saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur empat tahun baru dengan ada tunawisma di Jalan Sudirman Thamrin,

Yang menjadi pertanyaan dari Riza adalah, dirinya tidak pernah mendapati ada pengemis yang tinggal di jalan protokol Sudirman-Thamrin.

“Saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur empat tahun baru dengan ada tunawisma di Jalan Sudirman Thamrin,” katanya.

Riza juga percaya akan adanya para pengemis yang tidak memiliki rumah di Jakarta, namun para pengemis tersebut biasa terdapat di bagian bukan tengah kota. Tepatnya dipinggiran kota mereka kerap dipercayai ada keadaannya, dan juga mereka tinggal di bawah kolong jembatan.

“Kalau ada di pinggiran-pinggiran ada betul, kalau ada di kolong jembatan ada betul,” tambah Riza.

Pengemis yang tidak memiliki rumah atau tunawisma, juga banyak di kota-kota besar Indonesia lainnya. Sekalipun negara-negara besar pun, juga memiliki para tunawisma tersebut.

Terkait tunawisma yang menjadi perbincangan kembali pada saat ini, diakibatkan menteri sosial yang baru Tri Rismaharini yang berkeliling kota Jakarta, dengan tujuan sweeping pengemis yang ada. [] (Farras Prima Nugraha)

Baca juga:

Berita terkait
Saran Hidayat Nur Wahid dan Fahri Hamzah untuk Mensos Risma
Menurut Hidayat Nur Wahid, kondisi pengemis dan pemulung yang ada di Jakarta tidak jauh berbeda dengan di Surabaya.
Fahri Hamzah Sebut Risma Tak Paham Perbedaan Menteri dan Wali Kota
Fahri Hamzah minta Mensos Risma mengerti dan dapat membedakan antara menjadi menteri dengan wali kota.
Risma: Bansos Jangan Digunakan untuk Beli Rokok!
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan penerima Bansos tidak boleh membeli rokok menggunakan uang pemeberian Bansos.
0
Tanggapan Anies soal Pengemis yang Ditemui Mensos Risma
Tanggapan Anies Baswedan soal penemuan seorang pengemis di Jl.Sudirman Thamrin, Jakarta.