Mensos Risma Temui Gelandangan di Jalan Thamrin Jakpus

Tri Rismaharini temui beberapa gelandangan saat menyusuri jalur pedestrian di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.
Menteri Sosial Tri Rismaharini temui Fitri. (Foto: Tagar/Dok. Kemensos)

Jakarta – Menteri Sosial Tri Rismaharini temui beberapa gelandangan atau Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) saat menyusuri jalur pejalan kaki di Jalan Thamrin yang berada tepat di sisi kanan Plaza Bank UOB, Jakarta Pusat pada Senin 4 Januari 2021.

Saat berjalan kaki menyusuri jalur pedestrian Mensos menjumpai 3 PPKS dan mengajaknya berdialog dengan menanyakan asal kampung halaman dan ketersediannya untuk menerima pembinaan.

Salah satunya yakni Fitri, perempuan berkaos merah muda yang membawa tas plastik berwarna merah yang sedang duduk di trotoar Jalan Baturaja yang berada di sebelah Plaza Bank UOB, Jakarta Pusat.

“Tinggal dimana?” tanya Risma, Fitri menjawab dengan singkat, “Tidak punya rumah”. Sementara, pertanyaan Mensos lainnya tidak dijawab oleh perempuan yang diperkirakan menderita kusta tersebut.

“Ibu mau ikut saya ya. Nanti saya kasih tempat tinggal. Mau ya? Mau? Tapi ibu jangan kemana-mana. Nanti ada yang jemput,” ucap Risma yang kemudian berkoordinasi dengan stafnya untuk mengirimkan armada penjemputan.

Bapak ikut saya ya. Nanti saya kasih tempat tinggal biar bapak tidak kehujanan ya. Nanti ada yang jemput ya, tapi bukan Satpol PP. Tapi bapak jangan kemana-mana.,

Kemudian, pada lokasi yang sama Risma kembali menemui seorang pria bernama Yanto yang menjual masker dan tisu di trotoar, pria itu kemudian mengaku bertempat tinggal di Ulu Jami, RT 01/04 No.45, Kelurahan Pesanggarahan, Jakarta Selatan yang kemudian Risma tekankan untuk menggunakan maskernya dengan baik.

Menteri Sosial Tri RismahariniMenteri Sosial Tri Rismaharini temui Yanto. (Foto: Tagar/Dok. Kemensos)

Setelah itu, Risma kembali menemui pria paruh baya bernama Kastubi yang tengah tidur beralaskan kardus dan mengaku tidak memiliki tempat tinggal kepada Mensos.

“Bapak ikut saya ya. Nanti saya kasih tempat tinggal biar bapak tidak kehujanan ya. Nanti ada yang jemput ya, tapi bukan Satpol PP. Tapi bapak jangan kemana-mana.,” tawarnya.

Menteri Sosial Tri RismahariniMenteri Sosial Tri Rismaharini temui Kastubi. (Foto: Tagar/Dok. Kemensos)

Lalu, ditemuinya juga Faisal yang berada di jalanan dan dia bahkan menerima tawaran Risma untuk kembali pulang ke kampung halamannya yang berada di Asahan, Sumatera Utara.

Dari 3 PPKS yang dijumpai Risma, hanya Kastubi dan Faisal yang bersedia menerima penanganan dari Kementerian sosial. Keduanya kemudian dibawa ke Kantor Kementerian Sosial untuk menikmati sarapan pagi.

Faisal dan Kastubi sarapan pagi di Kantor KemensosFaisal dan Kastubi sarapan pagi di Kantor Kemensos. (Foto: Tagar/Dok. Kemensos)

Keduanya lalu menerima assessment awal di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur”, Bekasi, termasuk pengecekan kesehatan sesuai protokol pandemi Covid-19. Mereka kemudian akan menerima penanganan sementara sebelum kemudian dikoordinasikan dengan pemerintah daerah.

Berinteraksi dengan PPKS ini menjadi suatu rutinitas yang dilakukan oleh Mensos semenjak awal dirinya menjabat sebelum sampai di Kantor Kementerian Sosial yang berada di Jalan Salemba.

Dia menginginkan penanganan terhadap PPKS tidaklah hanya memberikan bantuan atas dasar belas kasihan melainkan juga memperhatikan kemampuan penerima manfaat untuk dapat hidup secara mandiri dalam jangka waktu yang panjang. []

Berita terkait
Mensos Ingin Anak Jalanan Belajar dari Kisah Bledhek
Tri Rismaharini minta Bledhek menceritakan kisahnya agar menjadi motivasi anak-anak jalanan untuk berubah menjadi lebih baik.
Mensos: Pemerintah Mulai Salurkan Bansos 4 Januari 2021
Menteri Sosial Tri Rismaharini menargetkan, mulai 4 Januari Bansos akan disalurkan ke masyarakat.
Mensos Tawarkan Penghuni Kolong Tol Usaha Warung Pecel Lele
Temui penghuni kolong tol Gedong Panjang, Tri Rismaharini tawarkan ibu-ibu untuk mengolah warung pecel lele.
0
Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris Merauke Jaringan JAD
Densus 88 Kembali mengamankan 1 orang terduga teroris di Merauke, Papua sehingga total 11 Orang diamankan terkait Jaringan Ansharut Daulah (JAD).