UNTUK INDONESIA
Tampilan Mobil Balap Ferrari di F1 2020 Bocor
Desain tampilan mobil balap yang digunakan Ferrari untuk F1 tahun 2020 bocor ke publik.
Mobil Ferrari untuk ajang balap Formula 1 tahun 2020. (Foto: La Gazzetta dello Sport)

Jakarta - Menjelang gelaran balap Formula 1 pada Maret 2020, desain tampilan mobil balap yang digunakan Ferrari untuk F1 tahun 2020 bocor ke publik. Gambar desain tersebut diunggah media Italia, La Gazzetta dello Sport.

Dilansir dari laman La Gazzetta dello Sport, Senin, 6 Januari 2020, gambar tersebut dipercayai sebagai tampilan mobil yang digunakan Ferrari di F1 2020. 

Sementara untuk nama dari kode sasis mobil balap tersebut belum diketahui, hanya terdapat tulisan "Progetto 671" atau yang dalam bahasa Inggris berarti "Project 671".

La Gazzetta mengklaim bahwa Ferrari akan memperkenalkan tampilan berbeda pada bagian sayap mobil terbarunya. Sayap mobil tersebut akan dilengkapi dengan peredam hidrolik yang berfungsi menciptakan beban vertikal sebanyak mungkin.

Dikutip dari GPFans.com, Senin, 6 Januari 2020, Kepala Tim Scuderia Ferrari di F1, Mattia Binotto mengatakan pihaknya tengah melakukan pencarian downforce tambahan yang akan menjadi kunci harapan Ferrari pada F1 2020.

Dalam ajang F1 2020, sudah terdapat dua tim yang akan memperkenalkan mobil barunya, yakni Ferrari dan Alpha Tauri. Ferrari sendiri rencananya akan mengumumkan mobil terbaru pada 11 Februari 2020.

Tahun lalu, memasuki tengah musim kedua, tim Ferrari berhasil tampil apik dengan meraih pole position dalam empat laga beruntun melalui pembalap andalannya, Charles Leclerc. Tak hanya itu, Charles juga berhasil meraih kemenangan pertamanya di F1 Belgia.

Perlu diketahui, Ferrari pertama kali berlaga di kompetisi Formula 1 pada musim 1948 menggunakan mobil pertamanya yakni Tipo 125 di GP Italia. Melalui Scuderia Ferrari, salah satu divisi balap mobil dari pabrikan Ferrari, membuatnya menjadi tim tertua dan paling sukses dalam laga kompetisi jet darat. Secara resmi, Ferrari memulai debut diajang FIA Formula One World Championship pada GP Monaco 1950 dengan mobil 125 F1 dengan Alberto Ascari dan Gigi Villoresi sebagai pembalapnya.

Masa kejayaan ferrari adalah pada tahun 2000-2004, dimana saat itu Ferrari berhasil memenangi 15 dari 17 lomba lewat dua pembalap andalannya sat itu yakni Michael "Schumi" Schumacher dan Rubens Barrichello (11 untuk Schumi, 4 untuk Barrichello). Saat itu, Schumi sudah dipastikan merebut gelar juara dunia saat musim balap masih menyisakan enam seri lagi. []

Berita terkait
Jadwal Grand Prix Formula 1 Tahun 2020
Balap mobil grand prix Formula 1 musim ke-71 tahun ini terdiri atas 22 seri yang diawali bulan Maret 2020 di sirkuit Melbourne, Australia
Anies Respons Dana Banjir Dipangkas untuk Formula E
Anies Baswedan merespons tudingan warganet terkait anggaran penanganan banjir dipotong untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta.
Presiden FIA Tolak Formula 1 Pakai Listrik Murni
Presiden Federasi Otomotif Internasional (FIA), Jean Todt menolak penggunaan mesin listrik murni pada ajang balap Formula 1.
0
Denny Siregar: Ketipu Raja Sejagat dan Sunda Empire
Baca tentang kasus Keraton Agung Sejagat Purworejo dan Sunda Empire, saya jadi pengen cerita sedikit. Tulisan Denny Siregar.