UNTUK INDONESIA
Tak Lagi Diistimewakan, Messi Tinggalkan Barcelona
Kapten Lionel Messi bakal hengkang dari Barcelona. Dia meminta kepada Barca agar menjualnya karena tak lagi diistimewakan pelatih Ronald Koeman.
Kapten Lionel Messi bakal hengkang dari Barcelona. Dia meminta kepada Barca agar menjualnya karena tak lagi diistimewakan pelatih Ronald Koeman. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Kapten Lionel Messi memutuskan hengkang dari Barcelona. Dirinya sudah meminta kepada Barca agar menjualnya. Keputusan itu diambil setelah Messi bertemu dengan pelatih anyar Ronald Koeman. Dalam pertemuan itu, Koeman menyatakan Messi tak lagi diistimewakan dan mulai membiasakan kalau dirinya tidak berbeda dengan yang lain di tim. 

Koeman mengambil sikap berbeda dibandingkan pelatih sebelumnya. Tidak kurang pelatih di luar Pep Guardiola dan Luis Enrique sepenuhnya bergantung kepada Messi. Termasuk Ernesto Valverde dan Quique Setien yang mengistimewakan La Pulga

Messi bisa mengecam keputusan klub yang merekrut Antoine Griezmann. Dirinya juga meradang saat mendengar kabar dari Koeman bila sahabat dekatnya, Luis Suarez, tak lagi punya masa depan di Barca. Ini berarti klub siap melepasnya dan striker tim nasional Uruguay ini sudah ditawar banyak klub. 

Status istimewa Anda di skuat sudah berakhir. Anda hanya perlu fokus dan berupaya melakukan segalanya untuk tim

Dalam pertemuan dengan Koeman, Messi menyatakan 'masa depan dia berada di luar klub'. Namun Diario Ole membeberkan pembicaraan mereka. Menurut media itu, Koeman tegas menyatakan Messi sudah kehilangan status istimewa. Artinya, semua tidak lagi mengikuti apa kata Messi.

"Status istimewa Anda di skuat sudah berakhir. Anda hanya perlu fokus dan berupaya melakukan segalanya untuk tim. Bila diperlukan saya akan bersikap kaku," ujar Koeman kepada Messi. 

Koeman memang pelatih yang keras dan tak pernah menganggap pemain sebagai bintang. Saat menangani tim nasional Belanda dirinya tak segan mencoret deretan pemain senior Robin van Persie, Wesley Sneijder dan Arjen Robben. Padahal mereka tak tersentuh di skuat Oranje.

Sebelumnya, kepada media, Koeman mengatakan bila Messi tetap merupakan pemain Barca. Meski tak bisa meyakinkan apakah kapten timnas Argentina ini bertahan atau tidak, namun Koeman berharap Messi tetap di Camp Nou. 

"Dia masih memiliki kontrak dan tetap pemain Barcelona. Saya perlu bicara karena dia kapten tim. Kami harus mengambil beberapa keputusan penting dan saya tetap berharap dia bersama kami," ucap Koeman.

"Sebagai pelatih saya suka bekerja bersama Messi karena dia memenangkan banyak pertandingan. Dengan kemampuan yang dimilikinya, saya ingin dia bertahan," katanya lagi. 

Namun harapan Koeman tak kesampaian. Dengan dibuangnya status 'istimewa' dan Koeman yang akan bersikap 'kaku' sudah cukup bagi Messi meminta klub yang sudah dibelanya selama 20 tahun ini untuk membiarkan dia pergi. 

Karena tak lagi diistimewakan, Koeman bisa saja membangkucadangkan Messi dan dia tak perlu protes. Bahkan termasuk bila pemain berusia 33 ini tak masuk skuat karena pelatih yang juga legenda Blaugrana ini menilai Messi tak dibutuhkan di pertandingan yang dijalani.  

Faktor lain tentu saja bakal dijualnya Suarez. Mereka memang bersahabat dekat dan tinggal bertetangga. Bahkan keluarga mereka kerap berlibur bersama. Messi kecewa Suarez dijual. 

Messi Kirim Faks ke Klub Kabari Bakal Pergi 

Keputusan itu dikuatkan setelah Messi mengirim faksimil yang meminta agar klub meninjau klausul dalam kontraknya yang memungkinkan peraih Ballon d'Or 6 kali ini meninggalkan Camp Nou.

Dalam kontraknya yang berakhir pada 2021, Messi sesungguhnya berhak memutus kontrak dan dia bisa meninggalkan Barca secara gratis setelah kompetisi selesai. Namun untuk musim ini, Barca mengklaim klausul tersebut sesungguhnya sudah berakhir pada 10 Juni lalu.

Hanya, Messi dan perwakilan dia menyatakan klausul itu seharusnya diundur karena terkait dengan pandemi Covid-19. Dengan ditundanya kompetisi, maka klausul itu seharusnya juga berlaku mundur sampai Agustus saat semua liga sudah selesai. 

Keputusan Messi meninggalkan Barca langsung memunculkan kegaduhan di internal klub. Tak hanya itu, para kandidat presiden klub yang akan mengikuti pemilihan presiden baru tahun depan pun turut menggoreng informasi tersebut. 

Desakan agar Josep Maria Bartomeu yang saat ini menjabat sebagai presiden klub mundur dari jabatannya kian kuat. Begitu pula Koeman didesak ikut mundur. Sementara, 2 direktur klub Jordi Moix dan David Bellver sudah mengajukan pengunduran diri seiring dengan keputusan hengkang Messi. 

 Baca juga: 

Lionel Messi Bersiap Pergi, Barcelona Bakal Oleng

Barcelona Terancam Ditinggalkan Messi Musim Depan

Suporter Barca pun menggelar aksi protes. Mereka beraksi di Camp Nou dan kediaman Bartomeu mendesak agar klub mempertahankan Messi. Suporter juga meminta Bartomeu mundur. 

Mereka berseru, "Bartomeu, dimisso", yang artinya, "Bartomeu, mundur." 

Suporter lain menyanyikan, "Messi mohon tidak pergi. Kami di sini mencintai Anda." 

Tagar #MessiSiBartoNo yang berarti "Messi yes, Barto no" langsung menjadi trending. Suporter memang tak menghendaki Messi pergi. []

Berita terkait
Lelah dengan Messi, Barcelona akan Rekrut Dybala
Barcelona tidak berupaya lagi mempertahankan kapten Lionel Messi bila dirinya ingin hengkang. Barca sudah membidik Paulo Dybala gantikan Messi.
Barca Ditawari Ronaldo, Duet Impian dengan Messi
Juventus menawarkan Cristiano Ronaldo ke berbagai klub, termasuk Barcelona. Ini jadi duet impian Ronaldo-Lionel Messi bila Barca merekrutnya.
Tepis Rumor, Lionel Messi Bakal Pensiun di Barcelona
Bintang Barcelona Lionel Messi tidak akan pergi. Dirinya bakal pensiun di Barca seperti disampaikan presiden klub Josep Marian Bartomeu.
0
100 Persen Warga Tionghoa Medan Area Bakal Menangkan Bobby
Masyarakat Tionghoa menyatakan akan mendukung Bobby Nasution pada Pilkada Medan 2020.