Tak Kapok Dibui, Napi Asimilasi Curi HP di Kebumen

Mantan napi asimilasi Lapas Nusakambangan, Cilacap, berulah. Ia diringkus setelah mencuri HP warga Kebumen.
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan meminta keterangan mantan napi asimilasi Nusakambangan yang tertangkap warga mencuri HP, Minggu, 5 Juli 2020. (Foto: Humas Polres Kebumen)

Kebumen - Mantan narapidana (napi) Lapas Nusakambangan, Cilacap berulah. Usai bebas dari penjara hasil program asimilasi pada April lalu, ia sudah melakukan tindak pidana pencurian lagi di Kebumen. 

Kepala Polres Kebumen Ajun Komisari Besar Rudy Cahya Kurniawan menuturkan mantan napi asimilasi berinisial FA, 26 tahun, itu harus kembali masuk ke hotel prodeo karena kasus pencurian handphone (HP).

Kurang lebih 200-an meter dari rumah korban, akhirnya tersangka FA bisa ditangkap warga.

Pria tersebut ditangkap warga sesaat setelah mencuri tiga unit HP milik Hamim, 34 tahun, warga Desa Tambakprogaten, Kecamatan Klirong Kebumen pada hari Minggu, 14 Juni 2020 sekira pukul 03.30 WIB.

"Modusnya tersangka mengambil handphone saat korban tidur di teras. Selanjutnya mengetahui pintu rumah tidak dikunci, tersangka memasuki rumah dan mengambil handphone lainnya," kata Rudy, Minggu, 5 Juli 2020. 

Sesaat setelah kejadian itu, korban terbangun mendapati handphone yang ditaruh di sebelahnya telah hilang. Bersama saudaranya, korban mencari ke sekitar rumah. Tak jauh dari rumah, Hamim mendapat FA berjalan mencurigakan.

Sempat terjadi pengejaran sebelum akhirnya FA ditangkap warga. Dari tangannya, didapati handphone yang hilang. "Kurang lebih 200-an meter dari rumah korban, akhirnya tersangka FA bisa ditangkap warga," ujar dia. 

Dari catatan Polres Kebumen, ditambah dengan kasus saat ini, FA sudah empat kali berurusan dengan hukum. Kasusnya meliputi pencurian tabung gas elpiji sebanyak dua kali, pencurian sepeda motor satu kali, serta pencurian HP yang tengah ditangani penyidik Polres Kebumen.

"Karena perbuatannya tersangka kami jerat dengan pasal 363 KUH Pidana tentang pencurian dengan pemberatan," ucap Rudy. [] 

Baca juga: 

Berita terkait
Curi Motor di Bali, Napi Asimilasi Ditangkap Lagi
Polres Badung Bali mengangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor yang di mana pelakunya adalah narapidana asimilasi Kemenkumham.
Napi Asimilasi Padang Incar Motor Anak Kos-kosan
Pelaku melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor di Kota Padang, Sumatera Barat dengan menyasar rumah dan kos-kosan.
Cerita Napi Asimilasi Digebuki Warga di Yogyakarta
Napi asimilasi asal Puworejo, berulang kali terlibat mencuri mobil dan motor. Dia berulang kali masuk penjara.