UNTUK INDONESIA
Tak Hadir di Pemakaman BJ Habibie, Ini Kata Sandiaga
Mantan calon Wakil Presiden Sandiaga Uno tak hadir di pemakaman BJ Habibie pada Kamis, 12 September 2019, kemanakah dia?
Sandiaga Uno menghadiri Focus Group Discussion (FGD) dengan tema \\'Selamatkan Indonesia dari Kebangkrutan\\' di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis, 22 Agustus 2019. (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Padang - Mantan calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno tak mengikuti prosesi pemakaman Presiden ke- 3 RI BJ Habibie pada Kamis, 12 September 2019. 

Mungkin ketidakhadiran Sandiaga Uno menjadi pertanyaan semua masyarakat Indonesia. Namun, ternyata dia tengah bertandang ke Ranah Minang. 

Tujuannya ke wilayah tersebut untuk memberikan kuliah umum di Universitas Andalas (Unand) Padang. Inilah yang menjadi salah satu alasanya tidak hadir di pemakaman BJ Habibie.

Namun, dia mengaku telah melayat ke rumah duka pada malam hari Rabu, 11 September 2019. 

"Indonesia kehilangan sosok yang begitu menginspirasi banyak anak bangsa. Saya melayat pukul 21.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB di rumah duka tadi malam," kata Sandiaga di depan ribuan mahasiswa Unand Padang, Kamis, 12 September 2019.

Dalam kuliah umum bertajuk "Wirausaha Pertanian dalam Revolusi 4.0" itu, Sandiaga mengatakan generasi muda harus mengejar ketertinggalan yang kini menjadi pekerjaan rumah bangsa Indonesia.

"Masa dan lapangan pekerjaan menjadi fokus utama kita ke depan," ujar Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Dia tak menampik hari ini lapangan pekerjaan di Indonesia sangat sulit. Tetapi, Sandiaga meyakini, jika dapat mengubah maindset dalam menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga generasi muda bisa menjadi entrepreneur sukses.

"Saya yakin, anak muda yang hadir di sini calon-calon pengusaha di bidang entrepreneur," katanya.

Disela-sela memberikan kuliah umum, Suami Nur Asia ini mencoba mengakrabkan diri di hadapan mahasiwa dengan senda guraunya. 

"Saya sebetulnya juga butuh pekerjaan, karena kamarin setelah nyapres saya nganggur sekarang,"ujar Sandi bercanda yang diiringi gelak-tawa mahasiswa.

Meski gagal menjadi orang nomor dua di Indonesia, Sandiaga sangat berterima kasih kepada masyarakat Sumbar. Sebab, daerah itu telah menjadi penyumbang suara terbesar kepada dirinya dan Probowo Subianto di Pemilihan Presiden 2019.

"Terima kasih untuk masyarakat Sumbar yang telah banyak memilih kami. Kalau seluruh Indonesia seperti Sumbar, mungkin ceritanya lain lagi," kata Sandiaga sembari tertawa.[]

Baca juga:

Berita terkait
Jejak BJ Habibie di SMA Kristen Dago Bandung
Ruang kelas BJ Habibie di SMA Kristen Dago Bandung, Jawa Barat, telah rata dengan tanah. Namun jejaknya tak akan pernah bisa dihapus zaman.
Foto: Para Tokoh Bangsa Hadiri Pemakaman BJ Habibie
Pemakaman Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie pada Kamis, 12 September 2019 dihadiri para tokoh bangsa seluruh Indonesia.
BCL: Eyang BJ Habibie Salah Satu Pria Hebat di Hidupku
Bunga Citra Lestari (BCL) mengenang kebersamaan dengan Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) semasa hidup.
0
Jadwal Lengkap Imsak dan Buka Puasa 2020 Aceh Timur
Berikut jadwal imsakiyah lengkap Ramadan 1441 Hijriah untuk wilayah Kabupaten Aceh Timur.