Tak Banyak yang Tahu! Inilah Manfaat Kafein Bagi Tubuh

Kafein memiliki segudang manfaat bagi penikmatnya asalkan tidak dikonsumsi secara berlebih. Berikut 5 manfaat yang Anda peroleh mengonsumsi kafein.
Ilustrasi - Kopi (Foto: Tagar/Pexels/Foodie Factor)

Jakarta – Kafein merupakan zat psikoaktif yang biasa terkandung pada beberapa makanan dan minuman, seperti teh, soda, kopi, coklat, mate, dan produk lain.

Umumnya, batas aman dari mengonsumsi kafein adalah 200-400 mg per hari atau sama dengan 2-4 cangkir kopi atau 4-8 cangkir teh perhari. Namun, jika memiliki masalah kesehatan tertentu, Anda harus mengurangi jumlah kafein yang masuk ke dalam tubuh atau bertanya kepada dokter dan tenaga kesehatan lain.

Kafein memiliki segudang manfaat bagi penikmatnya asalkan tidak dikonsumsi secara berlebih. Jika terlalu banyak mengonsumsi kafein, Anda berisiko terkena insomnia, dehidrasi, dada berdebar, sakit kepala, hingga osteoporosis.

Seperti yang diketahui, zat ini dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan si pengonsumsinya. Kafein mampu menstimulus sinyal otak agar lebih aktif hingga membuat Anda bisa lebih fokus dan terjaga. 

Di samping itu, zat ini ternyata memiliki beberapa manfaat lain yang bisa Anda rasakan. Berikut 5 manfaat yang dapat Anda peroleh jika mengonsumsi kafein.


1. Menambah energi

Saat kelelahan atau merasa suntuk, Anda bisa mengonsumsi kafein untuk membantu tubuhmu menjadi lebih berenergi, fokus dan meningkatkan perasaan senang. 

Hal ini dikarenakan, kafein mampu menghambat nourotransmiter adenosin inhibitori dan meningkatkan neurotransmitter lain, seperti norepinefrin dan dopamine. Selain itu, Kafein juga dapat meningkatkan performa ketahanan seseorang jika dikonsumsi sekitar 1 jam sebelum berolahraga.

Menurut The European Food Safey Agency dan berdasarkan studi dalam jurnal PLos One, kafein mampu meningkatkan kinerja serta kapasitas daya tahan seseorang. Hal ini dikarenakan kafein dapat meningkatkan produksi adrenalin yang membuat energi serta aliran darah di otak dan jantung meningkat.


2. Meningkatkan daya ingat

Mengonsumsi kafein dalam dosis aman diketahui mampu meningkatkan daya ingat seseorang. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa responden-responden yang mengonsumsi 200 mg kafein ternyata masih mampu mengingat gambar-gambar yang telah dipelajari di hari sebelumnya.

Selain itu, sebuah penelitian dari Universitas John Hopkins mengungkapkan bahwa Kafein diketahui mampu meningkatkan memori jangka panjang jika dikonsumsi setelah belajar.


3. Menurunkan berat badan

Kafein mampu mengurangi nafsu makan meski hanya berlangsung sementara. Di beberapa penelitian ditemukan bahwa zat ini juga mampu meningkatkan pembakaran kalori dan lemak karena merangsang proses thermogenesis yang dapat mengubah makanan menjadi panas dan energi.


4. Mencegah kanker

Memiliki sifat antioksidan yang kuat, kafein dalam kopi mampu melindungi tubuh Anda dari serangan penyakit dan kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Beberapa penelitian menunjukan, orang yang mengonsumsi kafein dalam batas aman secara rutin berisiko lebih rendah terserang kanker hati, kulit, dan kolorektal.


5. Mengurangi kerontokan pada rambut

Kopi sering kali digunakan sebagai nutrisi dalam perawatan rambut. Dalam studi, kafein diketahui membantu menghalangi efek dihydrotestosterone (DHT) yang menyebabkan kebotokan pada rambut. Selain itu, kafein pada kopi juga mampu merangsang pertumbuhan keratin dan akar rambut.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
Apakah Kopi Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes?
Sejumlah penelitian mengungkapkan, bila minum kopi dalam jumlah tertentu bisa berpengaruh terhadap penderita diabetes.
Yuk Cek Tiga Waktu Terbaik Meminum Kopi, Manfaatnya Lebih Efektif
Terlalu banyak keunikan dari si biji hitam, dari menanam, memanen, memproduksi sampai menyeruput.
Enam Ritual Minum Kopi Agar Terasa Manfaatnya
Kopi beberapa tahun belakang sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Namun, apakah ada yang mengetahui ritual yang benar?
0
Tak Banyak yang Tahu! Inilah Manfaat Kafein Bagi Tubuh
Kafein memiliki segudang manfaat bagi penikmatnya asalkan tidak dikonsumsi secara berlebih. Berikut 5 manfaat yang Anda peroleh mengonsumsi kafein.