Tak Ada Liga 1 Tahun Ini, PSS Sleman Gelar Turnamen eSport

PSS Sleman menggelar acara berbasis digital yang bertajuk Elja Super Series, salah satunya turnamen eSport. Turnamen digelar karena tidak ada liga.
PSS Sleman menggelar turnamen eSport sebagai bagian dari kegiatan Elja Super Series. Kegiatanini digelar dengan tujuan sebagai obat rindu suporter dan pecinta sepak bola setelah kompetisi yang kembali ditunda. (Foto: Tagar/Dok PSS Sleman)

Sleman - Tidak ada kompetisi sampai akhir tahun 2020, PSS Sleman membawa nuansa pertandingan dalam bentuk lain. Manajemen klub pun menggelar acara berbasis digital yang bertajuk Elja Super Series, salah satunya turnamen eSport.

Tidak ada kompetisi tahun ini setelah PSSI memutuskan baru akan menggelar liga pada Februari 2020. Ini yang menjadi pertimbangan PSS mengadakan turnamen digital. 

"Berkolaborasi dengan Super Soccer, kami manajemen PSS membuat acara berbasis digital yang bertajuk Elja Super Series," kata Yoni Arseto, Direktur Bisnis dan Komersial PT Putra Sleman Sembada (PSS). 

"Ada dua kegiatan yang dilaksanakan, yaitu Artwork Design Contest dan eSport Tournament Pro Evolution Soccer (PES)," ujar dia.

Sleman Fans dan masyarakat umum yang memiliki kemampuan desain dapat beradu skill dalam kompetisi Artwork Design ini. Cara berpartisipasi di lomba ini pun cukup mudah.

"Para peserta diminta untuk menuangkan hasil desain mereka yang bertema Street Art pada seragam away PSS 2020. Peserta kemudian mengirim hasil desain dengan format PDF melalui email yang disediakan panitia," ujar Yoni lagi.

Para peserta dapat mengunggah karyanya dari tanggal 31 Oktober hingga 12 November 2020. Sedangkan pemenang akan diumumkan pada 13 November.

Di sisi lain, penyelenggaraan turnamen eSport tentu dapat menjadi salah satu alternatif yang dilakukan oleh klub sepak bola saat ini, khususnya di masa pandemi Covid-19. Lewat eSport, PSS mencoba menghibur para suporter dengan mengajak mereka berpartisipasi menjadi peserta.

Turnamen ini dibagi menjadi tiga series dengan jumlah 128 slot. Para peserta yang sudah terdaftar, akan berkompetisi lewat game PES dengan sistem knock out dan pada tiap sesinya diambil 4 peserta terbaik. Mereka yang lolos dipertemukan di babak grand final.

"Peserta berkesempatan untuk mendapat hadiah total Rp 9 juta. Beberapa skuat Elja juga akan ikut berlaga dalam sesi pertandingan eksibisi di babak grand final nanti," tutur Yoni menambahkan.

Baca juga: 

Izin Polri Soal Liga 1, PSS Sleman: Berharap Turun Mukjizat

6 Tim Esport Terbaik di Indonesia Pemenang IGC 2020

Meski dilaksanakan secara langsung, namun manajemen dan panitia penyelenggara Elja Super Series tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain jumlah peserta yang daftar dibatasi, panitia yang bertugas juga dilengkapi peralatan kesehatan.

"Inilah sedikit cara PSS untuk mengobati kerinduan para pendukungnya. Dan mudah-mudahan dapat disambut baik oleh masyarakat, khususnya Sleman Fans," kata Yoni. []

Berita terkait
Pelatih PSS Sleman Bandingkan Liga Hong Kong dengan Liga 1
Pelatih PSS Sleman Dejan Antonic mengatakan Hong Kong sudah persiapan menggelar kompetisi. Sebaliknya, Liga 1 masih berkutat soal perizinan.
Siren Esport Juara Liga Mobile Legends Season 2
Siren Esports berhasil merebut gelar juara ajang Mobile Legends Development League (MDL) Season 2 setelah mengalahkan RRQ Sena dengan Skor 3-1.
Kemenpora: Kemeriahan Piala Menpora Esports 2020
Kemeriahan Piala Menpora Esports 2020 meski di situasi pandemi.
0
Mendagri: Belanja Pemerintah Tulang Punggung Pertumbuhan Ekonomi
Mendagri mengatakan, belanja pemerintah baik pusat maupun daerah merupakan tulang punggung utama bagi pertumbuhan ekonomi nasional.