UNTUK INDONESIA
Tahanan Lapas Bantaeng Bisa Video Call Keluarga
Tahanan di Lapas Kelas II B kini mendapat fasilitas video call dengan keluarga mereka bagi yang tidak pernah di besuk oleh keluarganya
Salah satu warga binaan saat melakukan video call dengan keluarga. (Foto: Tagar/Karutan IIB Bantaeng)

Bantaeng - Tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Bantaeng, kini bisa mengakses layanan video call atau panggilan lewat video dengan keluarga mereka.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Rumah Tahanan (Karutan) kelas IIB Bantaeng, Muhammad Ishak. Menurutnya layanan tersebut diperuntukkan bagi warga binaan yang jauh dan pernah mendapat besukan dari keluarganya.

Karena ini akan meminimalisir pikiran-pikiran untuk melakukan hal negatif.

"Sewaktu-waktu mereka mau berkomunikasi dengan keluarga mereka bisa datang ke ruangan sub seksi pelayanan tahanan selama jam kantor," tutur Ishak saat dihubungi Tagar melalui pesan WhatsApp, Rabu, 12 Februari 2020.

Warga binaan yang melakukan panggilan lewat video akan ditemani oleh penjaga atau petugas pengawas. Untuk memastikan akses tersebut tidak disalahgunakan.

Lebih lanjut, Ishak memaparkan bahwa program tersebut baru saja berjalan. Menurutnya program itu diperuntukkan agar tetap mendekatkan warga binaan dengan keluarganya, sehingga mereka bisa melepas rindu.

"Karena ini akan meminimalisir pikiran-pikiran untuk melakukan hal negatif yang bisa menimbulkan gangguan keamanan misalnya pelarian," tambah Ishak

Diketahui beberapa alasan tahanan nekat kabur dari lapas karena rindu yang amat berat terhadap keluarga. Sehingga melakukan apapun untuk menuntaskan perasaan mereka tanpa peduli dengan kemungkinan-kemungkinan resiko yang akan diperolehnya.

Bagi mereka yang jauh atau mendapatkan kendala saat ingin bertemu dengan keluarganya yang merupakan warga binaan kini tentu tak perlu khawatir lagi. Para WP bisa mengatasi rasa rindu mereka lewat layanan video call yang disediakan.

Melalui layanan tersebut mereka bisa berbicara langsung sambil bertatap muka meski lewat layar kaca. []

Berita terkait
Warga Bantaeng Dibekuk Usai Mencuri di Bulukumba
Tim Resmob Polres Bulukumba berhasil menangkap pelaku pencurian kendaraan yang meresahkan warga Bulukumba, di Kabupaten Gowa Sulsel.
Kebakaran di Bantaeng Hanguskan Satu Rumah
Kebakaran menimpa satu unit rumah milik seorang janda di Kabupaten Bantaeng, akibat kebakaran tersebut korban mengalami kerugian Rp 50 juta rupiah.
Pedagang Online Bantaeng Trauma Virus Corona
Maraknya penyebaran virus Corona di kota Wuhan China ternyata berimpas pada pedagang online di Bulukumba.
0
Akibat Penunggu Pasien Tak Jujur di RSUP Sardjito
Akibat penunggu pasien di RSUP Sardjito Yogyakarta tidak jujur, akibatnya 53 tenaga medis harus menjalani tes swab.