Survei: Cuitan Elon Musk Banyak Rugikan Investor Kripto

Sebuah survei menunjukkan sekitar 49% responden mengatakan bahwa “bitcoin tidak ramah lingkungan” adalah masalah bagi mereka sebagai investor.
Mata uang kripto. (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Sebuah survei menunjukkan hampir setengah dari investor Amerika Serikat (AS) memiliki masalah dengan masalah lingkungan bitcoin, dengan beberapa dari mereka yang telah terpengaruh oleh cuitan Twitter CEO Tesla Elon Musk tentang masalah ini.

Berdasarkan survei Investing.com, sekitar 49 % dari 1.103 responden mengatakan bahwa 'bitcoin tidak ramah lingkungan' adalah masalah bagi mereka sebagai investor.

Survei tersebut memberikan beberapa bukti tentang betapa drastisnya beberapa pendapat investor tentang bitcoin (BTC, +0,95%) berubah drastis setelah Musk mencuitkan kekhawatirannya pada bulan Mei, ketika ia membalikkan kebijakan sebelumnya untuk menerima kripto atau cryptocurrency sebagai pembayaran untuk kendaraan listrik Tesla.

Sejak itu, ada penurunan harga sekitar 40 % untuk cryptocurrency terbesar di dunia, berdasarkan Indeks Harga Bitcoin CoinDesk. Cathie Wood, CEO Ark Investments, mengatakan pada Robin Hood Investors Conference pada 16 Juni bahwa penurunan tersebut disebabkan oleh meningkatnya kesadaran investor akan banyaknya listrik yang dibutuhkan untuk menambang cryptocurrency.

Sekitar 70 % investor yang mengambil bagian dalam survei tersebut mengatakan mereka akan menyukai cryptocurrency yang lebih 'hijau', sementara 36 % bahkan tidak menyadari bahwa bitcoin memiliki implikasi lingkungan sebelum komentar Musk tentang masalah ini.

Menurut survei itu, 30 % responden menjual bitcoin mereka bulan lalu, dengan satu dari lima mengaitkan keputusan tersebut dengan komentar Musk tentang lingkungan. Cuitan Musk tentang cryptocurrency dipandang sebagai 'mengganggu' oleh 33 % responden, 'tidak adil' oleh 22 % dan 'menghibur' oleh 27 %.

"Setelah dipuji dan dinobatkan sebagai raja komunitas crypto, Elon Musk telah membuat dirinya sendiri menjadi musuh baru belakangan ini, menyusul keterkejutannya baru-baru ini tentang bitcoin,” kata analis, Jesse Cohen sebagaimana dikutip Tagar dari Coindesk.

"Untuk aset yang harganya sebagian besar didorong oleh sentimen dan momentum psikologis, bitcoin bisa mengalami kesulitan untuk pulih," katanya.

Ketika responden ditanya apakah 'manipulasi nilai mata uang kripto' Musk telah mengubah pandangan mereka tentang investasi itu? 51 % mengatakan Musk memiliki terlalu banyak kekuatan dan 24 % mengatakan mereka tidak percaya miliarder memiliki terlalu banyak pengaruh. []

Baca Juga: Alasan Elon Musk Larang Mobil Listrik Tesla Dibeli Pakai Bitcoin

Berita terkait
Istilah yang Harus Kamu Ketahui dalam Investasi Kripto
Kripto saat ini menjadi bagian dari transformasi sistem ekonomi dan keuangan dunia. Kripto sebagai instrumen investasi baru saat ini.
Botxcoin, Kripto Karya Anak Bangsa Resmi Dirilis
CEO & Co-Founder Botxcoin Indra Kesuma mengatakan, tren investasi mata uang digital semamkin naik daun sebagai investasi masa depan.
Menko Perekonomian Sebut Perdagangan Kripto Capai Rp 370 T
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Ke depan perdagangan kripto akan lebih mapan.
0
Lirik dan Terjemahan Lagu Forever and One - Helloween
‘Forever and One’ adalah lagu dari band beraliran power metal asal Jerman Helloween dan merupakan bagian dari album The Time of the Oath.