Surabaya Antisipasi Eksodus Warga Korban Rusuh Wamena

Jawa Timur mulai mengantisipasi adanya eksodus warga Jatim di Wamena Papua yang kembali ke kampung halamannya.
Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho.(Foto: Tagar/Ihwan Fajar)

Surabaya - Kerusuhan di Wamena, Papua Barat membuat ribuan warga mengungsi, termasuk warga asal Jawa Timur (Jatim).

Kapoltestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho mengaku pihaknya mulai mengantisipasi adanya eksodus warga Jatim di Wamena kembali ke kampung halaman.

"Mengenai adanya kemungkinan eksodus pengungsian dari Wamena ke Jatim kita akan mempersiapkan diri dengan baik dan itu jadi perhatian bapak Kapolda," ujarnya kepada Tagar di Mapolda Jatim, Senin 30 September 2019.

Sandi mengaku saat ini pihaknya belum mengetahui berapa jumlah warga Jatim di Wamena yang akan kembali ke Surabaya. "Kami komunikasi dulu dengan teman-teman yang ada di Wamena," sebutnya.

Sandi memastikan akan menyambut warga Jatim yang jadi korban kerusuhan Wamena untuk kembali ke Surabaya.

"Mereka saudara kita dan kita akan mengamankan serta menjaga dengan baik,"tegas dia.

Sebelumnya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengaku pihaknya membentuk tim untuk menjemput warga Jatim yang ingin pulang dari Wamena, Papua. Tim tersebut terdiri dari BPBD, Dinas Sosial dan Bakesbangpol Jatim.

Khofifah menjelaskan, penjemputan dengan menyiapkan armada berupa kapal dan pesawat pengangkut. Armada-armada tersebut disiapkan setelah Pemprov Jatim berkomunikasi dengan Dirjen Hubla agar mensiagakan kapal dan Hercules di Wamena.

"Tim kita ingin mengkomunikasikan dengan mereka (warga Jatim), jika ingin kembali kita siapkan armada. Jika mereka ingin pulang dan itu bisa memberikan rasa kondusif bagi mereka kita menyiapkan," ujar Khofifah, usai menghadiri pelantikan Pimpinan DPRD Jatim, di Surabaya, Senin 30 September 2019.

Meski warga Jatim sudah kembali ke asalnya, Khofifah tetap memberi kebebasan bagi warga Jatim jika nantinya ingin kembali ke Wamena. []

Baca juga:

Berita terkait
Khofifah Siapkan Tim Jemput Warga Jatim di Papua
Khofifah Indar Parawansa mengaku pihaknya membentuk tim untuk menjemput warga Jatim yang ingin pulang dari Wamena.
TNI Siapkan Dua Hercules untuk Perantau Minang di Papua
TNI bakal mengirim dua unit pesawat Hercules untuk mengangkut perantau Minang di Wamena, Papua.
Amankan Demo di Papua, Personel Brimob Binjai Terluka
Seorang anggota Brimob yang bertugas di Batalyon A Kota Binjai, Sumatera Utara, menjadi korban luka saat pengamanan aksi unjuk rasa di Papua.
0
Pemerintah Alokasikan Rp 400 M Uji Klinis Vaksin Merah Putih
Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengatakan pemerintah sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 400 miliar untuk uji klinis vaksin merah putih.