UNTUK INDONESIA

Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul Resmikan Shalter Tangguh

Kalurahan Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul meresmikan shelter tangguh pagebluk. Hingga kini ada 61 kalurahan di Bantul yang mendirikan shelter.
Kondisi shalter tangguh Covid-19 Kalurahan Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta. (Foto: Tagar/Faya Lusaka Aulia)

Bantul - Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Yogyakarta meresmikan shelter tangguh Covid-19. Shalter ini didirikan di gedung SD Kaligondang yang berada lumayan jauh dari pemukiman warga.

Baca Juga:

Lurah Sumbermulyo, Ani Widyani mengatakan dasar dari pendirian shalter ini yaitu adanya surat edaran Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Bantul No 443/00039. Pendirian shalter ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kalurahan Sumbermulyo dan menampung waega yang positif corona, orang tanpa gejala (OTG), gelaja ringan, dan reaktif rapid tes.

“Pendirian shalter ini berdasarkan surat edaran dari pak Sekda untuk memutus mata rantai di penyebaran Covid-19,” kata Ani saat peresmian shelter tangguh covid-19 di Kalurahan Sumbermulyo, Selasa, 27 Januari 2021.

Pendirian shalter ini berdasarkan surat edaran dari pak Sekda untuk memutus mata rantai di penyebaran Covid-19.

Pengelolaan shlater ini dilakukan oleh relawan Kalurahan Aman Covid-19 yang sesuai dengan Surat Keputusan Lurah Nomor 13 tahun 2021, tanggal 21 Januari 2021. Sementara untuk sumber dana atau pembiayaan merupakan dana desa dan swadaya dari masyarakat serta lembaga-lembaga yang peduli.

Shelter BantulPeresmian shalter tangguh Covid-19 Kalurahan Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta. (Foto: Tagar/Faya Lusaka Aulia)

Shelter ini berkapasitas untuk 40-50 pasien. Saat ini sudah ada 10 pasien yang sudah dirawat di shalter ini. Rinciannya sembilan orang yang merupakan satu keluarga warga Padukuhan Kaligondang dan satu orang warga Padukuhan Cepoko. Sembilan orang bahkan sudah dirawat sejak shalter belum diresmikan, yaitu pada Sabtu, 23 Januari 2021.

“Satu keluarga ini pulang dari Jakarta dan Lampung, waktu di perjalanan tes dan ternyata positif, sehingga bagitu sampai di sini langsung ke shelter,” jelas Ani Widyani.

Sementara itu Asisten I Sekertaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Bantul, Hermawan mengatakan kemampuan Pemerintah Daerah (Pemda) tidak sebanding dengan penambahan jumlah kasus corona. Dengan adanya shelter-shelter di tingkat kalurahan ini nantinya pasti akan membantu mengatasi.

Baca Juga:

Informasi dari Hermawan bahwa saat ini telah ada 61 kalurahan yang mendirikan shalter untuk karantina. Jika satu kalurahan saja terdapat 10 tempat tidur tentu saat ini sudah tersedia 610 kapasitas untuk pasien. "Hal ini sangat membantu menangani kasus Covid-19," katanya. []

Berita terkait
Hasil Rapid Antigen Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Positif
Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih rapid antigen hasilnya positif. Orang yang merasa kontak erat dan bergejala diimbau isolasi mandiri.
Jumlah Kasus Virus Corona di Indonesia Tembus 1 Juta
Penyebaran virus corona di Indonesia terus terjadi dengan kasus harian yang banyak sehingga secara kumulatif menembus angka 1 juta yaitu 1.012.350
Sri Sultan HB X Resmi Perpanjang Pengetatan Kegiatan di DIY
Gubernur DIY Sri Sultan HB X resmi memperpanjang PTKM di Yogyakarta hingga 8 Februari 2021. Berikut 11 poin instruksi yang dikeluarkan.
0
Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul Resmikan Shalter Tangguh
Kalurahan Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul meresmikan shelter tangguh pagebluk. Hingga kini ada 61 kalurahan di Bantul yang mendirikan shelter.