Yogyakarta - Gubernur DIY yang juga Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X memberi pesan kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga Uno setelah KPU menetapkan hasil Pilpres 2019.

Sri Sultan HB X memberikan ucapan selamat untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. "Teriring harapan bagi para pendukungnya agar merayakan dengan tepo seliro (tepa salira). Jangan (merayakan) seperti layaknya sebuah kemenangan perang," katanya di Kantor Gubernuran Kepatihan Yogyakarta, Selasa 21 Mei 2019.

Sedangkan bagi Prabowo-Sandiaga, diharapkan tetap mengedepankan sikap ksatria. Jika masih ada keberatan, hendaknya ditempuh melalui jalur hukum dengan dukungan bukti yang sah dan menyakinkan.

Menurut Sultan HB X, keberatan terhadap hasil itu, hendaknya tidak membawanya ke ranah demokrasi jalanan. 

Karena hal ini justru membawa penghalang percepatan pendewasaan demokratisasi kita.

Jokowi-PrabowoCalon presiden Jokowi dan calon presiden Prabowo berjabat tangan usai debat kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Pria yang sudah bertahta 30 tahun menjadi Raja Keraton Yogyakarta ini berharap kepada rakyat Yogyakarta hendaknya merekatkan kembali kohesi sosial. Membangun kebersamaan dengan semangat Jogja Istimewa.

Menurut Sultan HB X, setelah pemilu selesai, hendaknya kembali menjalin kerukunan dengan membuka sekat-sekat dan melenyapkan limbah pemilu lalu.

"Semuanya pihak hendaknya membangun ketenangan dan ketertiban masyarakat untuk mengembalikan hubungan dalam kehidupan bermasyarakat dan bangsa," jelasnya.

Tidak lupa, Sri Sultan HB X juga mengapresiasi KPU yang sudah merampungkan proses rekapitulasi suara Pemilu serentak 2019. "Diharapkan para pihak menginisiasi rekonsiliasi untuk mendinginkan suasana guna menjaga persatuan bangsa," pintanya.

Seperti diketahui, KPU RI sudah menetapkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dengan perolehan 85.607.362 suara atau 55,50 persen. Sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga meraih 68.650.239 suara atau 44,50 persen. 

Baca juga: