UNTUK INDONESIA
Speed Boat Terbalik di Maluku, Seorang Guru Meninggal
Satu dari 33 penumpang speed boat yang terbalik di perairan Maluku, meninggal dunia. Korban merupakan seorang guru.
Warga dan petugas SAR gabungan mengevakuasi para korban speed boat, Sabtu 14 September 2019.(Foto: Humas Kantor Basarnas Ambon)

Ambon - Satu dari 33 penumpang speed boat yang terbalik di perairan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, Sabtu 14 September 2019, meninggal dunia. Korban merupakan seorang guru, bernama Floren Batlalona.

Sedangkan 32 penumpang selamat. Mereka langsung dievakuasi ke rumah sakit terdekat. Sebagian lagi sudah kembali ke desa asal, yakni Desa Mastur Kei Kecil.

Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin mengatakan, speed boat itu terbalik setelah dihantam gelombang tinggi. Kemudian para penumpang berenang menyelamatkan diri.

"32 orang selamat dalam peristiwa tersebut. Satu meninggal dunia, karena tak mampu berenang setelah terseret arus dan gelombang," ungkap Muslimin.

Jadi kami sempat ke sana, namun sudah ditolong oleh para rombongan

Muslimin menjelaskan, rombongan acara keagamaan ini awalnya bertolak dari Desa Mastur Kei Kecil menuju Desa Relean Kei Besar. Jumlah keseluruhan 67 orang.

Namun, ke-67 orang itu menggunakan tiga speed boat berbeda. Sedangkan speed boat yang ditumpangi guru SMA 5 Tual, Floren Batlalona, terbalik. 

"Speed boat yang ditumpangi ibu guru itu saja terbalik. Duanya lagi, tidak," ujarnya.

Muslimin mengatakan, speed boat terbalik di Desa Werka, perairan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara. Setelah terbalik, beruntung dua rombongan speed boat dari belakang membantu rombongan speed boat terbalik.

"Setelah mendapat informasi terbalik speed boat pukul 13.00 WIT, KN SAR Bharata dan KNP 634 KPLP Tual meluncur ke perairan tersebut," jelasnya.

Titik koordinat kejadian pada 5°54.987’S-132°50.625’E dengan jarak kira-kira 33,37 NM, heading 160,43° arah Selatan.

Dalam operasi ini, selain personel Pos SAR Tual, juga melibatkan anggota Polres Maluku Tenggara, Brimob Tual, Polair Tual, BPBD Tual dan Bakamla.

"Jadi kami sempat ke sana, namun sudah ditolong oleh para rombongan. Setelah itu petugas mengikuti korban yang sudah dibawa ke rumah sakit setempat," katanya.[]

Berita terkait
Speed Boat Terbalik di Perairan Maluku Tenggara
Speed boat bermuatan penumpang dilaporkan terbalik di perairan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, Berikut kronologisnya
Maluku Butuh Anggaran Besar untuk Kelola Laut
Pemanfaatan potensi sumber daya perikanan di Provinsi Maluku hingga saat ini masih belum optimal dilakukan.
Soal Blok Masela, Murad: Maluku Jangan Jadi Penonton
Saya tidak ingin anak-anak kita kelak, hanya menjadi penonton di rumah sendiri.
0
PSS Tembus 4 Besar Setelah Menang di Kandang
PSS Sleman kembali menembus ppaan atas klasemen Shopee Liga 1 setelah mengalahkan Kalteng Putra 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Jumat 18 Oktober 2019.