Sosok Haris Azhar Pengacara yang di Somasi Luhut Pandjaitan

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan baru saja melayangkan somasi terhadap pengacara Haris Azhar. Beriku profilnya.
Haris Azhar. (Foto: Tagar/Azzahrah)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan baru saja melayangkan somasi terhadap pengacara Haris Azhar, akibat tuduhan bermain dalam bisnis tambang di Blok Wabu, Intan Jaya, Papua. 

Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi menjelaskan, somasi itu karena pernyataan Haris di Youtube channel-nya, dianggap mencemarkan nama baik Luhut Pandjaitan. 


Profil Haris Azhar

Haris Azhar merupakan advokat hak asasi manusia di Indonesia. Ia meraih gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Trisakti pada 1999. Ia kemudian menyelesaikan pendidikan S2 di bidang Hak Asasi Manusia dalam Teori dan Praktek dari Essex University, Inggris pada 2010.

Haris pernah mengikuti postgraduate course mengenai Filsafat di Universitas Indonesia dan Sosiologi di Universitas Terbuka pada 2000 hingga 2003.

Ia juga pernah menerima fellowship Transitional Justice in South Africa pada 2006, dan program Presiden Obama bertema “Standing with Civil Society” di bawah International Visitor Leadership Program (IVLP) pada 2014.

Haris saat ini merupakan Direktur Eksekutif Lokataru dan CEO hakasasi.id. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) sejak 2010-2016. 

Atas aktivitasnya dalam banyak litigasi hak asasi manusia dan kepentingan publik, Haris dianugerahi berbagai penghargaan seperti pada “Generasi Baru Beraksi” oleh Jakarta Base Radio, I-Radio pada 2014, Penghargaan Aktivis Terbaik oleh I-News TV pada 2015, Penghargaan Karma Yogi oleh Yayasan Anand Ashram pada 2019.

Berdasarkan pengalamannya tersebut, Haris mengkhususkan perhatiannya pada isu hak asasi manusia, teori hukum, litigasi strategis, keadilan transisi, kampanye, advokasi kebijakan publik, pemulihan aset, dan hukum siber.

Namanya menjadi pembicaraan setelah menjadi pembicara di ILC ILC tentang Kontroversi KUHP pada 24 September 2019 sebagai perwakilan dari aktivis HAM.

Dalam acara tersebut Haris Azhar tampil membela mahasiswa yang melakukan aksi demo terhadap DPR yang akan melakukan pengesahan undang-undang KUHP.

(Azzahrah Dzakiyah Nur Azizah)

Berita terkait
Haris Azhar: Banyak Pejabat Cari Panggung di Kasus Akidi Tio
Haris Azhar menyatakan bahwa persoalan sumbangan dana fantastis dari keluarga Akidi Tio belum bisa disebut penipuan.
Fahri Hamzah dan Haris Azhar Kritik Luhut Pandjaitan
Luhut Pandjaitan dikritik berbagai kalangan setelah melaporkan Said Didu ke polisi. Luhut dianggap membungkam kebebasan berpendapat.
Haris Azhar dan Pakar Kebijakan Publik Soroti Yasonna
Keputusan Menkumham Yasonna Laoly yang berencana membebaskan napi koruptor di atas umur 60 tahun disoroti Direktur Lokataru Haris Azhar.
0
Sosok Haris Azhar Pengacara yang di Somasi Luhut Pandjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan baru saja melayangkan somasi terhadap pengacara Haris Azhar. Beriku profilnya.