UNTUK INDONESIA
Sori, Rakitic Bukan Lingkaran Dalam Lionel Messi di Barca
Gelandang Ivan Rakitic bermain selama 6 tahun di Barcelona sebelum kembali ke Sevilla. Namun dia ternyata tak berteman dekat dengan Lionel Messi.
Gelandang Ivan Rakitic bermain selama 6 tahun di Barcelona sebelum kembali ke Sevilla. Namun selama di Barca, dia ternyata tak berteman dekat dengan kapten Lionel Messi. Rakitic saat berfoto dengan trofi yang diraihnya bersama Barca. (Foto: fcbarcelona.com)

Jakarta - Gelandang Ivan Rakitic cukup lama bermain untuk Barcelona sebelum kembali ke Sevilla. Selama 6 tahun di Camp Nou, ternyata Rakitic tak memiliki kedekatan hubungan dengan kapten Lionel Messi ataupun Luis Suarez. Dirinya membeberkan tidak termasuk lingkaran dalam Messi. 

Rakitic bukan Suarez atau Arturo Vidal yang memiliki kedekatan hubungan personal dengan Messi. Hubungan dekat mereka tidak hanya di dalam tetapi juga luar arena. Selain bertetangga, keluarga Messi dan Suarez kerap liburan bareng.  

Kedekatan mereka ditambah Vidal disebut-sebut karena sama-sama berasal dari Amerika Selatan. Hubungan Messi dengan Neymar, bintang tim nasional Brasil, juga termasuk dekat. Saat Neymar pindah ke Paris Saint-Germain, Messi tetap berharap klub membawa dia kembali. 

Apa pun, saya tetap menaruh respek kepada mereka [Messi dan Suarez]. Mereka rekan tim saya selama 6 tahun dan merupakan pemain penting

Selain lingkaran Amerika Selatan, Messi juga menjalin kekompakan dengan alumni Akademi La Masia. Karena sama-sama alumni, Messi pun dekat dengan Gerard Pique dan Sergio Busquets. 

Meski Pique diambil Barca dari Manchester United, namun dia sebelumnya merupakan didikan akademi itu. Messi juga mengutamakan Sergi Roberto yang alumni akademi ketimbang pemain lain. Akibatnya bek Nelson Semedo tersingkir karena Messi menginginkan Roberto yang dimainkan. 

Berada di lingkaran dalam Messi memang menguntungkan. Mereka kerap dibela kapten timnas Argentina ini. Saat Suarez didpak begitu saja oleh klub, Messi dikabarkan meradang dan menyatakan kekecewaannya. Ini yang menjadi salah satu penyebab Messi ingin minggat dari Camp Nou. 

Begitu pula saat Vidal hendak dijual Barca, dia mencoba mencari dukungan dari Messi. Namun pemain timnas Chile ini akhirnya pindah ke Inter Milan. 

Hubungan Tak Akrab, Rakitic Tetap Respek

Berbeda dengan Rakitic yang bukan lingkaran Amerika Selatan maupun akademi Barca. Saat meninggalkan Camp Nou, dia pun tak mendapat pesan khusus dari Messi seperti yang diterima Vidal.  

Meski demikian, dirinya mampu bertahan cukup lama di Barca sejak didatangkan dari Sevila pada 2014. Bahkan beredar rumor bila Rakitic tak memiliki hubungan baik dengan Messi dan Suarez. 

Pemain berusia 32 ini memang tak membantah rumor itu. Namun dia hanya menyebutkan bila hubungan mereka sebatas 'bisnis'. Artinya mereka berada di klub yang sama dan memiliki target sama di setiap musim. 

Ivan RakiticGelandang Ivan Rakitic kembali ke klub lama, Sevilla setelah dijual Barcelona. Kini, dia kembali menjadi kapten di Sevilla. (Foto: Instagram/@ivanrakitic)

"Saya bicara sebagai bagian dari tim. Hubungan saya dengan mereka memang tidak dekat. Bagi saya memang tak mudah bergaul secara dekat di tim dengan 23 atau 24 pemain," kata Rakitic seperti dikutip Football Espana

Meski demikian, Rakitic tetap memiliki hubungan dekat dengan pemain lain. Dia, misalnya, akrab dengan pemain lama seperti Andres Iniesta dan Kevin Prince-Boateng. Selain itu pemain yang turut membawa Kroasia menjadi runner up Piala Dunia 2018 ini mengaku dekat dengan Junior Firpo dan kiper Marc-Andre ter Stegen. 

"Sahabat dekat saya di klub tak lain Iniesta, Ter Stegen, Boateng dan Junior Firpo," ujar dia. 

"Apa pun, saya tetap menaruh respek kepada mereka [Messi dan Suarez]. Mereka rekan tim saya selama 6 tahun dan merupakan pemain penting. Saya sungguh respek kepada mereka," kata Rakitic yang menuturkan selama pandemi Covid-19, tim justru lebih dekat satu sama lain. Bahkan kedekatan mereka sudah seperti tetangga sendiri. 

"Selama lockdown karena Covid-19, kami justru lebih dekat satu sama lain. Bahkan kami sudah seperti tetangga. Saya juga berterima kasih kepada klub yang memperlakukan saya dengan baik selama bertahun-tahun," kata pemain berusia 32 ini. 

Rakitic harus menerima kenyataan tersingkir dan kemudian dilepas ke Sevilla dengan harga 1,5 juta euro. Selain faktor usia karena Barca perlu melakukan regenerasi, Rakitic termasuk pemain bergaji tinggi di klub. Buntutnya Barca melepas dia demi mengurangi pengeluaran di sektor gaji.[]

Berita terkait
Ivan Rakitic Pilih Kembali ke Sevilla Ketimbang PSG
Gelandang Ivan Rakitic meninggalkan Barcelona untuk kembali ke klub lama, Sevilla. Rakitic memilih bergabung dengan Sevilla ketimbang ke PSG.
Kecewa Ditendang Barca, Rakitic Kembali ke Sevilla
Gelandang Ivan Rakitic meradang karena disia-siakan Barcelona dan bakal ditendang. Namun dia ingin bergabung dengan klub yang diinginkanya.
Barcelona Menangi Perang, Messi Batal Hengkang
Barcelona memenangi pertarungan melawan pemain sendiri, Lionel Messi. Sang kapten hampir dipastikan bertahan sampai kontrak selesai pada 2021.
0
Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta Dapat 5 Medali
Mewakili Yogyakarta, Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa sukses membawa pulang lima medali di ajang Kompetisi Sains Nasional tahun 2020.