UNTUK INDONESIA
Soetikno Soedarjo dan 17 Koruptor Natal di Rutan KPK
Sebanyak 18 koruptor mendapat fasilitas merayakan Natal di Rutan KPK. Termasuk Soetikno Soedarjo, tersangka suap terhadap Garuda Indonesia.
Sebanyak 18 koruptor mendapat fasilitas merayakan Natal di Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Rabu, 25 Desember 2019. (Foto: Tagar R Fatan)

Jakarta - Sebanyak 18 koruptor mendapat fasilitas merayakan Natal di Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Rabu, 25 Desember 2019. KPK juga membuka gerbang untuk keluarga dan kerabat mereka yang ingin berkunjung.

Dari 18 koruptor, terdapat ayah pengusaha Dita Soedarjo, Soetikno Soedarjo. Soetikno merupakan tersangka kasus dugaan suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat Airbus SAS dan Rolls Royce P.L.C terhadap PT Garuda Indonesia.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi Humas KPK mengatakan 18 tahanan lembaga antirasuah itu beribadah di Rutan K4, tepat di belakang Gedung Merah Putih.

"Hari ini di rutan K4, 18 orang tahanan yang beragama Nasrani melakukan kebaktian Natal yang di pimpin oleh pendeta Susy Theresia, Maartje E.L, Nancy Shirley B, Irwan Poernomo, Djefri Estivanus K dan Sihol Pardamean," ujar Yuyuk, Rabu, 25 Desember 2019.

Natal di KPKSebanyak 18 koruptor mendapat fasilitas merayakan Natal di Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Rabu, 25 Desember 2019. (Foto: Tagar/R Fatan)

Dia menerangkan, 18 tahanan akan kembali ke rutan masing-masing setelah kebaktian selesai. Adapun Rutan tersebut di Rutan C1 Rutan Guntur dan Rutan K4. Para tahanan kemudian diberikan kesempatan kunjungan keluarga pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

Soetikno Soedarjo diketahui ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap ke Emirsyah, mantan Dirut PT Garuda Indonesia terkait pembelian mesin pesawat dari Rolls-Royce, KPK juga menetapkan Soetikno dan Emirsyah sebagai tersangka pencucian uang.

Soetikno merupakan mantan Direktur Utama PT Mugi Rekso Abadi (MRA) yang dia dirikan pada tahun 1993. Perusahaan kelas atas tersebut mencakup berbagai jenis sektor, mulai dari media penyiaran, restoran, hingga otomotif.

Adapun daftar lengkap nama tahanan yang beragama Nasrani dan merayakan Natal bersama di Rutan K4 ialah:

1. Freddy Lumban Tobing

2. Markus Nari

3. Makmur

4. Bartholomeus Toto

5. David Manibui

6. Sendy Pericho

7. Nelly Margaretha

8. Sri Wahyuni Maria Manalip

9. Benhur Lalenoh

10. Budi Winarto

11. Mikael Kambuaya

12. Simon Susilo

13. Soetikno Soedarjo

14. Aleksius

15. Alvin Suherman

16. Chandra Suwanda

17. Kock Meng

18. Suheri Terta.

Berita terkait
Natal 2019, KPK Buka Jadwal Kunjungan Tahanan
Bagi tahanan tindak pidana korupsi, KPK membuka jadwal kunjungan untuk keluarga dan kerabat yang ingin membesuk pada Natal 2019.
Lantik 5 Pimpinan KPK, Jokowi Umbar Harapan Ekonomi
Presiden Jokowi menyampaikan harapannya, termasuk soal perekonomian Indonesia pada lima pimpinan baru KPK.
Baru Dilantik, Firli Bahuri Ingatkan Soal Naik Gaji
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengingatkan kenaikan gaji dan penambahan tunjangan bagi pegawai komisi antirasuah.
0
Rintihan Ibu-ibu Tapteng yang Tak Kebagian Sembako
Diduga bantuan sembako untuk penanganan dampak Covid-2019 dari Pemkab Tapanuli Tengah tidak merata, puluhan ibu-ibu mendatangi kantor lurah.