UNTUK INDONESIA
Lantik 5 Pimpinan KPK, Jokowi Umbar Harapan Ekonomi
Presiden Jokowi menyampaikan harapannya, termasuk soal perekonomian Indonesia pada lima pimpinan baru KPK.
Ketua KPK Firli Bahuri (kiri) berjabat tangan dengan Ketua KPK periode 2015-2019 Agus Rahardjo (kanan) usai upacara pelantikan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan harapannya pada lima pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jokowi ingin ke depannya KPK makin kuat sehingga berdampak pada perekonomian Indonesia.

Saya meyakini, Insha Allah beliau-beliau, ketua KPK dan komisioner KPK bisa membawa KPK yang lebih baik dengan didampingi Dewas KPK.

Jokowi berharap KPK dapat memberantas tindak pidana korupsi dari hulu ke hilir di Tanah Air.

"Saya berharap sekali lagi penguatan KPK itu betul-betul nyata. Pemberantasan korupsi bisa sistematis sehingga betul-betul memberikan dampak yang baik bagi ekonomi, bagi negara kita," ucap Jokowi di Istana Negara Jakarta, Jumat, 20 Desember 2019.

KPKKetua KPK Firli Bahuri (kedua kiri) berjabat tangan dengan Pimpinan KPK periode 2015-2019 (dari kiri) Saut Situmorang, Basaria Panjaitan, Agus Rahardjo dan Laode M Syarif usai upacara pelantikan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 20 Desember 2019. Presiden Joko Widodo melantik lima pimpinan KPK periode 2019-2023 yakni Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango dan Nurul Ghufron. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jokowi mengaku optimis dengan masa depan pemberantasan korupsi dengan dilantiknya lima pimpinan baru KPK yang dipimpin oleh Firli Bahuri. Keyakinannya makin kuat dengan adanya entitas baru dalam tubuh lembaga antirasuah, yaitu Dewan Pengawas (Dewas).

"Saya meyakini, Insha Allah beliau-beliau, ketua KPK dan komisioner KPK bisa membawa KPK yang lebih baik dengan didampingi Dewas KPK," tuturnya.

Jokowi resmi melantik lima pemimpin KPK periode 2019-2023 setelah disahkannya lima anggota Dewas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 20 Desember 2019, pukul 14.46 WIB.

Lima orang pimpinan KPK yang dilantik ialah Firli Bahuri, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolangodan, dan Alexander Marwata.

Sedangkan lima orang anggota Dewas KPK yaitu Tumpak Hatorangan, Artidjo Alkostar, Syamsuddin Haris, Harjono, dan Albertina Ho. []

Berita terkait
Jokowi Beberkan Alasan Pilih Lima Nama Dewas KPK
Presiden Jokowi beberkan alasan dipilihnya lima orang tokoh sebagai Dewan Pengawas (Dewas) KPK.
Terima Tawaran Dewas KPK, Ini Misi Syamsuddin Haris
Peneliti LIPI Syamsuddin Haris mengungkapkan misinya setelah menerima tawaran Presiden Jokowi sebagai Dewas KPK.
Jadi Dewas KPK, Albertina Ho: Belum Bertemu Jokowi
Albertina Ho mengaku tak ada komunikasi khusus dengan Presiden Jokowi terkait ditunjuknya dirinya jadi Dewas KPK.
0
Langkah Facebook Indonesia Perangi Hoaks COVID-19
Facebook Indonesia telah bekerja sama dengan tim pengecek fakta pihak ketiga mereka untuk memerangi hoaks terkait virus corona (COVID-19).