UNTUK INDONESIA

Soal Lelang Kemensos, DPR: Menteri Tak Perlu Turun Langsung

Berikut komentar Anggota DPR Fraksi PKS Iskan Qolba Lubis, mengenai rencana lelang mobil mewah Menteri Sosial Tri Rismaharini.
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Foto:Tagar/Kemensos)

Jakarta – Anggota DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Iskan Qolba Lubis, mengomentari rencana lelang Menteri Sosial Tri Rismaharini. Menurutnya, rencana tersebut cukup dilakukan oleh staf Kemensos level eselon, tidak perlu menteri yang turun langsung.

“Pelelangan itu cukup diserahkan ke eselon 3 saja sudah cukup, tidak harus menteri,” tuturnya dalam wawancara Tagar TV pada Rabu, 24 Februari 2021.

Jadi itu sebetulnya bukan Tupoksi Menteri Risma itu untuk lelang mobil. Bukan tupoksi dia itu. Tupoksi dia, adalah memindahkan air mata kemiskinan kepada air mata kesejahteraan.

Pasalnya menurut Iskan, hal seperti adalah tugas dari kementerian keuangan yang selanjutnya menjadi anggaran negara.

“Jadi buat kementerian keuangan adalah semua milik negara dan yang menjadi hak negara itu adalah tugas kementerian keuangan itu kalau dilelang harus masuk lagi anggaran negara. Artinya, itu masuk ke sistem keuangan kementerian keuangan. Semua anggaran itu kan dikontrol oleh kementerian keuangan,” sebutnya.

Iskan Qolba LubisAnggota DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Iskan Qolba Lubis. (Foto:Tagar/TagarTV)

Iskan menegaskan, bahwa lelang mobil mewah yang akan dilakukan Risma bukanlah Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dari seorang Menteri Sosial. Sedangkan hasil dari lelang yang akan diperoleh juga tidak sebanding dengan penyelewengan dana yang ada di Kementerian tersebut.

“Jadi itu sebetulnya bukan Tupoksi Menteri Risma itu untuk lelang mobil. Bukan tupoksi dia itu. Tupoksi dia, adalah memindahkan air mata kemiskinan kepada air mata kesejahteraan dan itu tidak efisien kalau cuma segitu kalau dibandingkan dengan penyelewengan yang ada jauh ratusan ratusan miliar,” tandas Iskan.

Selanjutnya, Iskan menyarankan agar kewenangan lelang mobil tersebut diberikan kepada yang lain agar Mensos Risma bisa fokus kepada Tupoksinya.

“Jadi ya udahlah, fokuslah kepada tupoksinya dan itu berikanlah kepada wewenang yang lain,” sebutnya. []

Berita terkait
Mardani Ali Sera: Risma Memang Bising di Media, Tapi Low Impact
Berikut pendapat Anggota DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Mardani Ali Sera mengenai aksi blusukan dan rencana lelang barang mewah.
Tri Rismaharini Salah Prioritas, Kata Mardani Ali Sera
Mardani Ali Sera, menyarankan kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk memprioritaskan pemberantasan “sarang tikus” ketimbang lelang mobil.
Hapus Santunan Covid, Mensos Risma Disebut Tidak Berempati
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menyebut, Kementerian Sosial tidak berempati lantaran menghapus santunan Korban meninggal Covid-19.
0
Soal Lelang Kemensos, DPR: Menteri Tak Perlu Turun Langsung
Berikut komentar Anggota DPR Fraksi PKS Iskan Qolba Lubis, mengenai rencana lelang mobil mewah Menteri Sosial Tri Rismaharini.