SNMPTN 2021 Dimulai, Begini Tahapan Pendaftarannya

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah mulai dibuka sejak 15-24 Februari 2021.
Portal SNMPTN 2021. (Foto: Tagar/tangkapan layar)

Jakarta - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah mulai dibuka sejak 15-24 Februari 2021.

Bagi para calon peserta disarankan untuk segera mendaftar, tidak menunggu sampai menjelang hari penutupan atau bahkan sampai hari terakhir.

Dilihat pada akun Twitter UGM @UGMYogyakarta, untuk mendaftar, para calon peserta SNMPTN pada tahap pertama dengan melakukan login di Portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) atau laman pendaftaran menggunakan akun LTMPT.

Masukkan email dan password yang sudah didaftarkan dan diverifikasi pada form login. Setelah melakukan login, calon peserta akan masuk ke dalam halaman profil yang berisi informasi biodata yang diambil dari data yang telah diisikan di portal.

Isian ini tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN. Di halaman profil, calon peserta perlu mengisikan kolom "Kelengkapan Data Orang Tua" dengan informasi penghasilan orang tua dan jumlah tanggungan orang tua.

Setelah selesai mengisi Kelengkapan Data Orang Tua, tekan tombol SIMPAN, dan jika berhasil akan muncul notifikasi. Selanjutnya, bisa melanjutkan ke halaman PILIHAN.

Pada halaman PILIHAN, pilih PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan, dan setelah itu akan muncul Daftar Prodi yang bisa dipilih oleh siswa.

Program studi yang akan muncul adalah program studi yang memperbolehkan jurusan dari SMA/SMK/MA asal siswa untuk mendaftar.

Peserta SNMPTN dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua PTN/Politeknik Negeri.

Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

Baca juga: 

Jika memilih satu program studi, siswa dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi manapun.

Jika sudah memilih prodi, silakan tekan Simpan Semua Pilihan, dan kemudian akan muncul pop-up konfirmasi pilihan.

Selanjutnya, pada halaman PORTFOLIO, siswa bisa mengisi portfolio jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio.

Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan dokumen portofolio, maka bagian ini tidak perlu diisikan.

Setelah itu bisa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian ini sifatnya tidak wajib. Jika tidak memiliki prestasi dengan Bidang dan Tingkat Prestasi yang disyaratkan pada pilihan, halaman ini bisa dikosongkan.

Prestasi yang bisa diisikan pada halaman ini maksimal 3. Silakan memilih Bidang Prestasi dan Tingkat Prestasi, mengunggah Bukti Prestasi sesuai ketentuan, dan tekan tombol simpan.

Setelah itu, lakukan finalisasi jika yakin bahwa semua data sudah diisi dengan benar. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun. Jadi harap mengisi dengan teliti ya, cek baik-baik sebelum finalisasi.

Setelah semua tahapan pendaftaran selesai, tinggal menunggu pengumuman hasil SNMPTN yang dijadwalkan pada 22 Maret 2021.[]

Berita terkait
Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta Kurang Peminat
Kampus swasta di Yogyakarta dinilai masih kurang diminati calon mahasiswa baru. Publikasi kampus salah satu penyebabnya.
DTKS, Kemensos & Perguruan Tinggi Susun Parameter
Kementerian Sosial bekerjasama dengan perguruan tinggi susun parameter yang tepat.
Wujudkan SDGs Desa, Gus Menteri Gandeng Perguruan Tinggi
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk mewujudkan SDGs Desa.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.