UNTUK INDONESIA
Skuter Listrik Yamaha Setara Motor 125cc dan 50cc
Terdapat skuter listrik mini Yamaha E01 dan E2 di Tokyo Motor Show 2019. Skuter listrik ini merupakan debut Yahama di pameran ini.
Skuter Listrik Yamaha. (foto: supermotor.com)

Jakarta - Dalam pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019 di stan Yamaha terdapat skuter listrik mini Yamaha E01 dan E2. Skuter listrik ini merupakan debut Yahama.

Tokyo Motor Show 2019 berlangsung dari 24 Oktober hingga 4 November 2019.

Yamaha menyertakan fasilitas pengisian ulang baterai untuk kedua motor ini. Kedua skuter itu setara skuter konvensional bermesin 125cc dan 50cc.

Yamaha E01 merupakan skuter bertenaga listrik murni yang diklaim sebagai model komuter perkotaan yang praktis. Yamaha menjanjikan bahwa skuter listrik E01 lebih praktis dan nyaman untuk penggunaan sehari-hari dibanding skuter konvensional.

Skuter Listrik YamahaSkuter Listrik Yamaha. (Foto: supermotor.com)

Desain E01 juga terlihat lebih sporty dengan warna abu-abu strip kuning di beberapa sisi, jok landai, dan pijakan kaki yang menawarkan posisi berkendara lebih santai.

Kemungkinan model konsep ini tidak akan jauh berbeda jika nanti masuk jalur produksi. Skuter ini kemungkinan juga akan dilengkapi dengan semua teknologi terkini mulai dari ABS, konektivitas Bluetooth, kluster instrumen digital, hingga kompatibel dengan smartphone.

Tetapi yang paling penting dari semua itu adalah baterai yang bisa diganti atau battery swap. Nah, soal ini bukan menjadi masalah besar bagi Yamaha. Pabrikan Jepang ini juga menerapkan battery swap pada skuter listrik EC-05 yang dijual di Taiwan.

Yamaha memang belum merilis spesifikasi detail tentang sosok E01, tapi diperkirakan motor ini memiliki tenaga 10PS jika mengacu pada klaim mereka yang setara motor konvensional 125cc.

Selanjutnya adalah Yamaha E02 yang diklaim setara motor konvensional bermesin 50cc.

Sama seperti E01, E02 juga diklaim sebagai sepeda komuter listrik generasi yang dirancang untuk mobilitas pribadi di perkotaan. Hanya saja bentuk bodi E02 lebih kecil dibanding E01. Bobot motor listrik ini diklaim ringan dengan keunggulan baterai yang mudah dilepas. Sama seperti E01, Yamaha belum merilis spesifikasi lengkap soal motor ini.

Sebagai gambaran, di Taiwan, motor Yamaha EC-05 memiliki power 8,7PS. EC-05 dilengkapi baterai lithium 18.650 dengan kemampuan jelajah sekitar 110 kilometer sekali pengisian daya.

Skuter listrik ini bisa digeber dengan keepatan hingga 45 kilometer per jam. EC-05 dilengkapi motor listrik 6.400 watt yang bisa mencapai kecepatan puncak hingga 90 kilometer per jam (di beberapa negara di Eropa kecepatan ini biasanya dibatasi hingga maksimum 45 kilometer per jam). 

Motor listrik ini juga sanggup memberikan dorongan dari 0 hingga 50 kilometer per jam dalam waktu 3,9 detik. []

Berita terkait
Toyota New Mirai Mejeng di Tokyo Motor Show 2019
Sedan fuel cell berbasis bahan bakar hidrogen ini langsung mencuri perhatian penggemar mobil ramah lingkungan di Jepang dan Amerika.
Spesifikasi dan Harga Kawasaki ZX-25R Empat Silinder
Kawasaki Ninja 250 empat silinder generasi ini terbaru diperkenalkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2019 di Jepang.
Mobil Listrik Pertama Mazda di Tokyo Motor Show 2019
Mazda listrik model SUV ini mampu berlari sejauh hingga 241 kilometer dalam kondisi baterai penuh.
0
Masa Tunggu Calon Jamaah Haji di Sumsel 18 Tahun
Dengan kuota haji 6.988/tahun diperkirakan masa tunggu keberangkatan jamaah haji Sumsel 18 tahun, sampai tahun 2030 77.000 calon jamaah terdaftar